Pemprov Sumsel Kumpulkan Warga Bagikan Sembako

Palembang, jurnalsumatra.com – Dalam rangka membantu masyarakat yang terkena dampak virus Covid 19 di Sumatera Selatan, Pemerintah Provinsi bersama-sama denganĀ  Kapolda,Kasdam II Sriwijaya, Wakajati dan Ketua pengadilan Sumsel, Wakil Ketua III DPRD Sumsel, BUMN, BUMD, PLN WS2JB serta Perbankan dan masyarakat penerima bantuan, pada Senin, (06/04/20) dihalaman kantor Gubernur Sumsel melakukan pembagian secara simbolis paket sembako, masker dan informasi tentang listrik gratis PLN.

Bantuan ini merupakan wujud nyata perbuatan kongkrit dari berbagai pihak untuk membantu dan meringankan beban masyarakat dalam menghadapi Covid 19.

Dalam sambutannya Gubernur Sumsel, H. Herman Deru mengatakan “pada pagi ini kita menunjukan perbuatan kongkrit tentang wacana pencegahan Covid 19 yang harus dibarengi dengan perbuatan dan cara masing-masing, para medis menangani dengan cara kesehatan, para pamong mengingatkan masyarakat, dan para kepolisian menjaga keamanan, para Hakim menegakkan hukumnya serta BUMN dengan cara memberikan perhatiannya”.

Gubernur menambakan untuk menunjukan perbuatan kongrit ini, maka bagi siapa saja harus dengan perbuatan nyata sehingga masyarakat bisa memanfaatkannya secara cepat.

Begitu pun dengan para wartawan harus menyampaiakan informasi yang benar dan tepat kepada masyarakat.

Gubernur sumsel menginstruksikan untuk disetiap desa harus dibuat isolasi-isolasi mandiri dengan menggunakan puskesmas, sekolah – sekolah dan Paud dan harus bekerja sama dengan pihak keamanan, Babinkantibmas, Linmas untuk selalu memantu kedatangan warga yang baru pulang mudik.

Kepada jajaran dan kepada seluruh anak sekolah di Sumsel mulai dari mahasiswa sampai tingkat SD, harus belajar dirumah dan jangan ini dijadikan liburan sekolah dan harus dipatuhi study from home yang dikeluarkan sekolah.

Dan sekali lagi bagi kepala desa segerahlah buat ODP center sehingga bisa memantau kemudia Gubernur Sumsel mengucapkan terima kasih kepada penerima bantuan dan harus dimanfaatkan semua bantuan ini secara baik.

Kepala Biro Perekonomian Provinsi Sumsel, H. Afrian Joni dalam sambutannya mengatakan bahwa ini merupakan bentuk kerja sama antar sektor pemerintahan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan dalam menghadapi Covid 19. H. Afrian Joni menambahkan dalam acara ini akan dibagikan paket sembako sebanyak 2.500 dan 250 masker serta pemberian keringanan listrik berupa pembayaran gratis selama tiga bulan untuk pemakaian daya 450 VA dan pembayaran hanya dikenakan 50% untuk daya 900 VA.

Terkait keringanan biaya listrik PLN ini,H.Herman Deru mengatakan kalau dirinya segera mewujudkan wacana yang dicetuskan oleh Presiden RI Ir Joko widodo yang dinantikan masyarakat dan beberapa waktu lalu beliau sudah menelpon pimpinan PLN WS2JB apabila program tersebut tidak kita realisasikan akan menjadi fitnah makannya saya himbau untuk segera merealisasikan perbuatan kongkrit tersebut.

GM PLN WS2JB, Daryono mengatakan listrik 450 VA ini menjadi program pemerintah pusat yang dicanangkan bapak Presiden yang akan diberikan secara gratis dan untuk daya 900 va hanya subsidi dikenakan diskon 50%. Untuk yang gratis secara mekanisme selama tiga bulan kedepan tagihannya nol dan yang menggunakan token supaya bisa menghubungi pihak PLN terkait karena akan diberikan token dengan nilai terbesar tiga bulan sebelumnya. Sebanyak 650.000 pelanggan yang tersebar diwilayah Sumsel yang akan mendapatkan keringanan listrik ini dengan hitungan nilai sebesar 35.8 Milyar Rupiah. 

Selain itu, melalui yayasan YPN dan CSR PLN juga membagikan paket sembako kepada masyarakat yang berada disekitaran instalasi PLN, kata Daryono menambahkan.

Untuk permasalahan pembayaran angsuran kredit leasing maupun Bank bagi masyarakat, Kepala OJK Sumsel, Untung Nugroho mengatakan kepada wartawan bahwa dari sisi perbankan sudah mempunyai kebijakan dalam rangka mengatasi wabah virus, “kita sudah ada memungkinkan nasabah yang terdampak langsung seperti pedagang, pengemudi Ojol untuk melakukan restrukturisasi.(andre)