Pemprov Sumsel Tingkatkan Kualitas Pondok Pesantren

    Palembang, jurnalsumatra.com – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan terus berupaya meningkatkan kualitas pondok pesantren yang ada di 17 kabupaten dan kota dalam provinsi setempat.
Peningkatan kualitas pondok pesantren (ponpes) dilakukan sebagai upaya peningkatan sumber daya manusia provinsi ini agar memiliki kemampuan bersaing di tingkat nasional dan internasional, kata Wakil Gubernur Sumatera Selatan Ishak Mekki, di Palembang, Rabu.
Menurut dia, santri pondok pesantren merupakan generasi penerus bangsa yang harus dipersiapkan dengan baik, sehingga menjadi perhatian pemerintah provinsi ini untuk diberikan pendidikan yang memadai melalui lembaga pendidikan yang berkualitas tinggi.
Ponpes yang berkualitas diharapkan dapat memberikan pendidikan kepada santri dengan baik, membentuk karakter sumber daya manusia yang berkualitas dan beriman serta memiliki jiwa sosial yang tinggi.

    Untuk meningkatkan kualitas ponpes di provinsi berpenduduk mayoritas muslim itu, Pemprov Sumsel mengalokasikan dana bantuan pengembangan pondok pesantren dan melakukan berbagai kegiatan keagamaan, katanya.
Dia menjelaskan, ponpes memiliki peran dan fungsi yang besar dalam menunjang program pembangunan daerah dan meningkatkan sumber daya manusia khususnya generasi muda yang memiliki karakter yang baik.
Selain itu juga bisa dijadikan sumber ilmu agama dan wadah membina kreativitas generasi muda muslim di provinsi berpenduduk sekitar 8,6 juta jiwa itu.
Pondok pesantren diharapkan dapat dijadikan ladang ilmu bagi generasi muda penerus bangsa di provinsi ini  ini baik mengenai ilmu keagamaan maupun ilmu pengetahuan umum, ujar Wagub.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 4 =