Pemprov Sumut Operasikan “Rumah Sakit Berjalan”

Medan, jurnalsumatra.com – Pemerintah Provinsi Sumut menyiapkan “Rumah Sakit Berjalan” untuk memaksimalkan layanan kesehatan kepada masyarakat khususnya di daerah terpencil.

  “Mobil kesehatan yang didukung penuh oleh RSU Haji Medan akan berkeliling ke- 33 kabupaten/kota untuk memberikan layanan kesehatan gratis kepada masyarakat yang membutuhkan,” ujar Gubernur Sumut Edy Rahmayadi usai meresmikan Program Bakti Kesehatan Bermartabat Sumut di Medan, Rabu (19/6), .

  Ia menjelaskan, “Rumah Sakit Berjalan”, merupakan bus yang dilengkapi berbagai peralatan medis yang memungkinkan untuk melakukan tindakan medis seperti operasi bedah.

  Mobil kesehatan itu melayani berbagai macam penyakit termasuk penyakit dalam, khitanan massal, patologi anatomi, stunting, hernia, bibir sumbing, gangguan pendengaran, penyakit gigi dan mulut, hingga pemberian obat dan konseling.

  “Program Bakti Kesehatan Sumut Bermartabat itu merupakan implementasi dari pembangunan kesehatan yang menjadi prioritas kepemimpinan kami,” ujarnya.

  Edy mengaku sudah berkeliling ke daerah dan melihat masih banyak warga yang kesulitan mendapatkan layanan kesehatan.

  Dia menegaskan, adalah omong kosong bisa membangun Sumut apabila warga tidak sehat.

  “Saya berharap mobil kesehatan itu bisa minimal ada lima unit,” katanya didampingi Ketua Tim Bakti Kesehatan Bermartabat, Mahyono dan Koordinator Cleft Mobile Operation Sumut, Edy Sutrisno.

  Gubernur menjelaskan, dia sudah meminta agar “Rumah Sakit Berjalan” itu juga bisa maksimal memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pola hidup sehat dan menjaga kesehatan. “menjaga kesehatan itu lebih baik dari pada mengobati,” kata Gubernur.(anjas)