Pemuda Adat Papua Agendakan Kongres Nasional

     Jayapura,jurnalsumatra.com  – Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Pemuda Adat Papua mengagendakan kongres nasional yang akan melibatkan seluruh pemuda adat Tanah Air akan dilaksanakan di Sentani, Kabupaten Jayapura.
Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPN Pemuda Adat Papua Yusak Andato, didampingi Sekjen Yan Christian Arebo, di Kota Jayapura, Jumat, mengatakan kongres ini akan digelar pada 27-29 Maret 2018 di Sentani, Kabupaten Jayapura.
“Namun sebelum pelaksanaan kongres, kami akan gelar rapimnas dulu. Kongres ini akan melibatkan dan mengundang seluruh pemuda adat di Papua, nasional hingga pemuda dari negara-negara pasifik,” katanya.
Agendanya, kata dia, antara lain pemilihan ketua umum yang baru selain membahas masalah kekinian di Bumi Cenderawasih antarsesama pemuda.
“Kan Ketua DPN Pemuda Adat Papua Decky Ovide sudah meninggal karena sakit, makanya itu kami harus melaksanakan kongres,” katanya.
Mengenai masalah kekinian di provinsi paling timur Indonesia itu, Yusak mantan Ketua KNPI Papua menilai bahwa peran pemuda masa kini dinilai kurang memberikan kontribusi yang postif dalam hal keterlibatan pembangunan, sehingga perlu kesamaan visi dan misi untuk membangun SDM.

“Banyak persoalan di Papua yang perlu menjadi perhatian pemuda adat Papua, karena selama ini kita lihat pemuda dibawa ke ranah yang kurang tepat, sehingga kami ambil momentum ini untuk memberikan pemahaman dan filter, demi kepentingan pemuda,” katanya pula.
Apalagi, banyak kepentingan politik menggunakan pemuda sebagai isu kekuatan yang dikhawatirkan salah melangkah, padahal masih banyak sektor atau bidang lainnya yang membutuhkan pemuda bertindak nyata.
“Ada bidang pendidikan dan kesehatan, masalah sosial yang terjadi di tengah masyarakat yang bisa diredam atau diberdayakan oleh pemuda dan berikan masukan kepada pemeritah. Lalu, pemuda adat bisa menjadi kontrol sosial kepada pemerintah, karena hari ini begitu banyak dana mengalir ke Papua tetapi tidak digunakan dengan baik oleh pemerintah daerah dan provinsi, terbukti ada masalah yang terjadi,” katanya lagi.
Karena itu, kata Yusak, pihaknya ingin menggelar kongres Pemuda Adat Papua di Sentani, Kabupaten Jayapura dengan harapan banyak saran dan masukan yang bisa didapatkan untuk membantu dan mendorong pemerintah dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat Papua pada umumnya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen + thirteen =