Pendaftar Seleksi Jalur Mandiri Unimed 2.537 Peserta

Medan, jurnalsumatra.com – Jumlah pendaftar seleksi jalur Mandiri Tahun 2019 di Universitas Negeri Medan, Rabu hingga pukul 16.15 WIB sudah tercatat sebanyak 2.537 peserta.

  “Jumlah tersebut terdiri dari Saintek 707 peserta, Soshum 1.433 pendaftar dan Campuran 387 peserta,” kata Kepala Humas Universitas Negeri Medan (Unimed) Muhammad Surip, SPd, MSi, di Medan, Rabu.

  Pendaftaran jalur Mandiri itu, menurut dia, mendapat antusias dari siswa lulusan SLTA/MAN di wilayah Sumatera Utara (Sumut).

  “Jadi, pendaftaran ditutup pada hari Sabtu (20/7) dan masih ada waktu tiga hari lagi.Manfaatkan kesempatan tersebut,” ujar Surif kandidat Doktor (S3).

  Unimed melaksanakan seleksi jalur Mandiri 2019 secara objektif dengan menggunakan metode ujian tertulis dalam bentuk cetak (PBT). Bagi program studi seni dan keolahragaan diwajibkan mengikuti ujian ketrampilan.

  Seleksi jalur Mandiri terkait perencanaan, proses seleksi dan pendanaannya diberikan kewenangan kepada masing-masing Perguruan Tinggi Negeri (PTN) untuk melaksanakannya.

  PTN diberikan keleluasaanya untuk melaksanakan seleksi tahap ketiga yakni jalur Mandiri, namun tetap di dalam pengawasan pemerintah.

  Seleksi jalur Mandiri merupakan seleksi yang dilakukan oleh PTN secara mandiri berdasarkan hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (Paper Based Testing) dan ujian ketrampilan bagi program studi seni dan keolahgragaan.

  Ketentuan khusus persyaratan siswa pendaftaran, yakni bagi siswa lulusan tahun 2017 dan 2018 harus sudah memiliki ijazah.Bagi siswa tahun 2019 telah memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah.

  Surat keterangan sekurang-kurangnya memuat informasi diri dan foto terbaru yang bersangkutan dengan dibubuhi cap stempel yang sah.Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.

  Syarat penerimaan di Unimed lulusan pendidikan menengah, lulus seleksi jalur Mandiri 2019, sehat dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh Unimed.

  Tata cara pendaftaran dilakukan secara online.Tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman www.unimed.ac.id.Tata cara pengisian borang pendaftaran ujian tertulis dan ujian ketrampilan dapat diunduh dari laman http://sm.unimed.ac.id.Pendaftaran online Seleksi Mandiri dibuka mulai tanggal 1 hingga 20 Juli 2019.

  Daya tampung seleksi Jalur Mandiri Universitas Negeri Medan (Unimed) sebanyak 1.634 mahasiwa.

  Ujian tertulis Paper-Based Testing (PBT) dilaksanakan pada tanggal 23 Juli 2019, yakni tes kemampuan saintek, tes kemampuan soshum, dan tes kemampuan campuran.Ujian ketrampilan dilaksanakan pada 22 Juli 2019.

  Sedangkan pengumuman hasil seleksi jalur Mandiri Unimed dilaksanakan 27 Juli 2019. (anjas)