Pendaftaran Bacaleg Di KPU Surabaya Masih Sepi

    Surabaya, jurnalsumatra.com – Pendaftaran bakal calon anggota legislatif untuk Pemilihan Umum 2019 di Komisi Pemilihan Umum Kota Surabaya, Jawa Timur, masih sepi pendaftar.
Anggota Divisi Teknis Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya Nurul Amalia di Surabaya, Jumat, mengatakan hingga Kamis (12/7) di Kantor KPU Kota Surabaya belum ada satu pun partai politik yang mendaftarkan bakal calon anggota legislatifnya.
“Belum ada yang daftar, yang datang hanya sebatas konsultasi saja,” katanya.
Ia memperkirakan para bacaleg sedang melengkapi berkas persyaratan tambahan sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.
Selain itu, juga rata-rata partai politik menyatakan masih menunggu komando dan persetujuan dari dewan pimpinan pusat (DPP) partainya masing-masing.
“Jika semua parpol mendaftarkan bacaleg-nya pada hari terakhir pendaftaran,” tanyanya Antara, Nurul mengatakan, “Akan terjadi antrean panjang di KPU Kota Surabaya.”

       Jika berkas lengkap dan dinyatakan MS (memenuhi syarat), menurut dia, tidak ada masalah. Akan tetapi, berkas yang tidak lengkap atau BMS (belum memenuhi syarat) maka perlu perbaikan.
Ia menegaskan bahwa parpol tidak bisa mendaftarkan bakal calegnya jika melewati batas waktu atau penutupan pendaftaran pada tanggal 17 Juli 2018.
Adapun hal-hal penting yang mestinya perlu dipersiapkan sejak jauh hari, kata dia, adalah legalisasi ijazah, pemeriksaan kesehatan, dan surat pengunduran diri pegawai negeri sipil (PNS), TNI/Polri, BUMN, BUMD, atau instansi lainnya.
“Ini harus dilakukan jauh hari karena berhubungan dengan instansi lain,” katanya.
Meski demikian, lanjut dia, ada masa perbaikan dari persyaratan tersebut yang bisa disusulkan, terutama terkait dengan pengunduran diri sebagai anggota di instansi pemerintahan.
“Bagaimana mekanisme persyaratannya bisa diakses di Silon (Sistem Informasi Pencalonan),” katanya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × one =