Pendaftaran Calon Anggota PPS Akan Diperpanjang

Pali, jurnalsumatra.com – Meski jumlah pendaftar calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) membludak hingga menyentuh angka 785 pendaftar, namun Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten PALI, berkemungkinan akan tetap memperpanjang masa pendaftaran.

Hal itu lantaran ada beberapa desa atau kelurahan yang belum memenuhi kuota jumlah minimal pendaftar calon anggota PPS.

“Karena dalam aturan, pendaftar untuk anggota PPS minimal enam orang, dimana tiga orang diantaranya sebagai calon anggota PPS terpilih, sementara tiga orang lainnya berstatus calon anggota PPS Pengganti Antar Waktu (PAW),” jelas Sunario, SE ketua KPU Kabupaten PALI, Senin (24/2/2020).

Per tanggal 24 Februari 2020 tepatnya pukul 12.00 WIB, setidaknya setiap kecamatan didapati desa yang belum memenuhi kuota jumlah minimal pendaftar. 

“Untuk di kecamatan Talang Ubi ada empat desa yang masih kurang, kemudian di kecamatan Tanah Abang satu desa, kecamatan Penukal Utara ada tiga desa, kecamatan Penukal ada empat desa, dan kecamatan Abab ada lima desa. Jika sampai sore ini belum mencukupi, maka akan diperpanjang masa pendaftaran hingga tiga hari ke depan,” tambahnya.

Jika hingga tiga hari ke depan belum juga mencukupi jumlah minimal, maka solusi yang dijalankan yaitu bekerjasama dengan perguruan tinggi yang ada di kabupaten PALI, atau nantinya calon anggota PPS tersebut dari desa tetangga.

“Untuk itu, kami berharap partisipasi dari pemerintah desa dalam menyiapkan warganya untuk bersedia menjadi petugas PPS, untuk sama-sama menyukseskan Pilkada PALI yang kedua digelar ini,” jelasnya.

Pendaftaran calon anggota PPS sendiri dibuka sejak tanggal 18 – 24 Februari 2020. Untuk yang dibutuhkan sebanyak 213 orang dari 71 desa atau kelurahan yang ada di kabupaten PALI, dimana setiap desa anggota PPS berjumlah tiga orang.

“Setelah tahapan pendaftaran, para pelamar calon anggota PPS akan mengikuti tes tertulis yang akan digelar pada tanggal 1 Maret 2020 mendatang. Kemudian, barulah diadakan tes wawancara untuk yang lolos dari tes tertulis. Setelah itu barulah penetapan,” pungkasnya.(hab)