Pendaftaran HDMY Tanpa Kehadiran Mularis

Palembang, jurnalsumatra.com – Calon Gubernur Sumsel dan Wakil Gubernur Sumsel Herman Deru-Mawardi Yahya mendaftar ke KPU Sumsel, Selasa (9/1/2018). Sayangnya pendaftaran HDMY tanpa dihadiri oleh Ketua DPD Hanura Mulari Djahri.

Herman Deru mengatakan, ada pengambil alihan Bakal Calon Hanura DPD Sumsel oleh DPP. Pengambil alihan ini dibolehkan berdasarkan Peraturan KPU Nomor 3 tahun 2017 pasal 29 ayat 1 , ayat 2 dan ayat 3 bahwa Pemilihan kepala daerah baik Pemilihan gubernur, walikota dan bupati prosesnya bisa diambil alih oleh DPP. “Alasan pengambil alihan ini karena harusnya beliau (red, Mularis) hadir. Tapi dia tidak datang kesini karena ada acara di Golkar. Tidak masalah diambil alih oleh¬† DPP karena pendaftaran kita tetap sah” ujarnya.

Menurutnya, keputusan DPP harus ditaati oleh seluruh pengurus baik di DPD maupun DPC.”Keputusan DPP wajib ditaati oleh seluruh pengurua di daerah,” ungkapnya.

Ketika disinggung pencalonan Mularis di Pilwako Palembang, Deru menuturkan, pihaknya akan mendukung.”Kita dukung pencalonan Mularis untuk maju sebagai Calon Walikota Palembang. Untuk wakilnya pak Syaidina Ali,” bebernya.

Sementara itu, Ketua KPU Sumsel Aspahani menambahkan, untuk pendaftaran Herman Deru dari 3 partai pendukung ada satu partai yakni Hanura yangemggunakan mekanisme dicalonkan DPP. Sehingga tidak perlu kehadiran pengurus DPW. ” Pendaftarannya sesuai aturan, karena ada tanda tangan Ketua Umum dan Sekjen,” pungkasnya. (Yanti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − 10 =