Penerima Bansos Rastra Di Kendari 8.781 KPM

      Kendari, jurnalsumatra.com – Penerima bantuan sosial (bansos) beras sejahtera (rastra) di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, sebanyak 8.781 keluarga penerima manfaat (KPM) pada 2018.
“Jumlah keluarga penerima manfaat jika dibandingkan tahun lalu mengalami penurunan,” kata Wakil Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir di Kendari, Jumat.
Dikatakannya, menurunnya penerima bantuan sosial tersebut menunjukkan bahwa kondisi perekonomian atau kesejahteraan masyarakat di daerah itu mengalami peningkatan.
“Kami sangat berharap semakin lama penerima rastra di Kota Kendari harus menurun, tapi karena kondisi ekonomi kita sekarang ini sehingga cenderung statis,” katanya.

Dikatakannya, berdasarkan data yang telah diverifikasi pada 2017, distribusi rastra terkadang masih ada nama di suatu daerah, tetapi yang bersangkutan sudah pindah atau mampu ekonominya.
“Karena itu kami harapkan jika hal itu terjadi sebaiknya dibuatkan berita acara pergantian dengan melibatkan lurah, camat, dan tokoh masyarakat,” katanya.
Dijelaskannya, tahun ini kebijakan penyaluran rastra sudah berubah yakni sebelumnya jumlahnya 15 kilogram per KK, sekarang tinggal 10 kilogram per KK tapi langsung dibayar oleh pemerintah dan tidak ada lagi ada pungutan biaya atau digratiskan.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 3 =