Pengacara Sampaikan Usulan Terkait Pemilu Melalui Buku

     Mukomuko, jurnalsumatra.com – Pengacara hukum di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyampaikan usulan agar sistem Pemilu yang ada di Indonesia dimasukkan dalam konstitusi melalui tulisan pada buku berjudul “Kontitusionalisasi Sistem Pemilu”.
“Kami sedang membuat sebuah buku yang berjudul ‘Kontitusionalisasi Sistem Pemilu’, buku ini akan menyampaikan usulan agar sistem Pemilu dimasukkan dalam konstitusi,” kata Pengacara Hukum dari Firma Hukum MCH Kabupaten Mukomuko Muslim Chaniago SH di Mukomuko, Kamis.
Mantan Komisioner KPU setempat ini menyatakan buku yang berjudul “Konstitusinalisasi Sistem Pemilu” dan memiliki halaman lebih dari 300 lembar itu menekankan bahwa sistem Pemilu dimasukkan dalam konstitusi agar lebih mudah diketahui.

Buku ini menekankan agar sistem Pemilu di negara ini dimasukkan dalam konstitusi untuk menjaga stabilitas sistem Pemilu tersebut.
Sehingga, katanya, kalau ingin mengubah sistem Pemilu harus mengubah konstitusi. Dan tidak mungkin lagi sistem Pemilu diubah karena untuk mengubahnya harus ada amandemen undang-undang.
Selain itu, katanya, anggaran negara yang dikeluarkan untuk mengubah sistem Pemilu cukup besar, yakni sebesar Rp2 miliar.
Menurutnya, pemerintah tidak perlu lagi mengeluarkan anggaran jika sistem Pemilu dimasukkan dalam konstitusi karena tidak mudah untuk mengubah sistem Pemilu.
Ia menjelaskan, pengetahuan dan gagasan yang disampaikannya dalam buku keduanya itu lebih kepada pemikirannya berdasarkan pengalaman setiap Pemilu.(anjas)

Leave a Reply