Pengadilan Negeri Sampit Berkomitmen Tingkatkan Pelayanan

     Sampit, Kalteng, jurnalsumatra.com – Pengadilan Negeri Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah berkomitmen meningkatkan pelayanan meski kinerjanya saat ini dinilai sudah cukup bagus.
“Pengadilan Negeri Sampit telah terakreditasi A atau ‘excellent’. Hal ini menunjukkan bahwa standar pelayanan di pengadilan negeri ini sudah diakui oleh Mahkamah Agung,” kata Ketua Pengadilan Negeri Sampit Ninik Hendras Susilowati, di Sampit, Senin (17/9).
Dalam pidato usai melantik Akhmad Fijiarsyah Joko Sutrisno sebagai Wakil Ketua Pengadilan Negeri Sampit, untuk mengisi jabatan yang sebelumnya sempat kosong, Ninik mengaku senang mendapat mitra Akhmad Fijiarsyah.
Dia sudah cukup kenal dengan sosok pria tersebut, karena pernah sama-sama bertugas di Pengadilan Negeri Purwokerto pada tahun 1994 sampai 1999, bahkan saat tes hakim juga berbarengan.
Namun lebih dari itu, Ninik menilai Akhmad Fijiarsyah memiliki pengalaman menjabat sebagai ketua pengadilan maupun wakil ketua pengadilan kelas II. Hal itu membuat dia diyakini memiliki pengalaman dan kemampuan bagus dalam hal yudisial maupun manajerial.

Sebagai putra daerah Sampit, Akhmad Fijiarsyah dinilai memiliki kelebihan dalam hal kedekatan dan pemahaman nilai budaya di masyarakat. Harapannya, kedekatan ini membuat dukungan masyarakat terhadap kinerjanya juga lebih besar.
Ninik yakin kualitas pelayanan di Pengadilan Negeri Sampit bisa lebih ditingkatkan, bahkan mendapat pengakuan secara internasional dengan terdaftar sebagai anggota International Consortium for Court Excellent atau ICCE.
Seluruh warga Pengadilan Negeri Sampit bertanggung jawab untuk meningkatkan pelayanan. Semua pegawai diminta berkomitmen menjaga mutu pelayanan dengan efektivitas dan efisiensi kerja dalam semangat dan perbaikan menuju ke arah yang lebih baik.
“Selain mempertahankan dan meningkatkan nilai akreditasi, juga wajib melaksanakan program-program Mahkamah Agung, yakni e-Court, e-Summon dan e-Commerce yang diharapkan bisa terlaksana di seluruh pengadilan di Indonesia. Dengan kerja sama, Insya Allah kita bisa melaksanakan itu,” ujar Ninik.
Seluruh jajaran Pengadilan Negeri Sampit diminta berperan mengawal visi dan misi Mahkamah Agung, yaitu mewujudkan Badan Peradilan Indonesia yang agung melalui empat misinya yakni menjaga kemandirian badan peradilan, memberikan pelayanan hukum yang berkeadilan bagi pencari keadilan, meningkatkan kualitas kepemimpinan badan peradilan, dan meningkatkan transparansi badan peradilan.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen − 8 =