Pengamat: Koalisi Pengusung Petahana Sulit Berubah

    Minahasa Tenggara, jurnalsumatra.com – Pengamat politik di Kabupaten Minahasa Tenggara Wolter Dotulong berpendapat koalisi delapan partai akan sulit merubah dukungannya kepada Calon Bupati petahana James Sumendap dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) Jesaja Legi.
“Meski ada perpanjangan tahapan pendaftaran, namun koalisi delapan partai ini akan sulit berubah,” kata Wolter di Ratahan, Senin.
Dia mengungkapkan, secara aturan partai politik tidak bisa lagi menarik dukungan terhadap pasangan calon yang sudah didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).
Wolter pun meyakini para partai pengusung tersebut akan solid mendukung pasangan calon bupati James Sumendap dan calon wakil bupati Jesaja Legi.
“Dan saya yakin para partai ini tidak akan menjabut dukungan mereka, karena ini juga menyangkut kredibilitas partai yang sudah mendaftarkan calonnya ke KPU,” jelasnya.
Dia menambahkan adanya surat pernyataan dari para partai politik untuk tetap mendukung calon petahana akan semakin memperkuat koalisi tersebut.
Sementara itu kedelapan partai yang membentuk koalisi yakni PDI-P, PAN, Partai Golkar, Partai Gerindra, PPP,  Partai Demokrat, Partai Hanura, PKPI.
Sementara itu sejumlah pengurus partai pengusung memastikan dukungan mereka bagi calon bupati dan wakil bupati yang telah diusung tersebut.

“Kami masih solid untuk mendukung pasangan Bupati James Sumendap dan Jesaja Legi, yang merupakan calon tunggal. Bahkan kami dari pengurus partai pendukung sudah membuat pernyataan dan ditandatangani di atas materai,” kata Sekretaris PDI-P Semuel Montolalu.
Pernyataan yang sama diungkapkan oleh Ketua Partai Golkar Kabupaten Minahasa Tenggara Tonny Hendrik Lasut, jika pihaknya masih mendukung pasangan James Sumendap dan Jesaja Legi.
“Kami masih tetap mendukung sesuai dengan Surat B1-KWK dari Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar,” katanya.
Ketua Partai Gerindra Alkindi Bilfagih Kabupaten Minahasa Tenggara mengatakan sikap partainya untuk mendukung pasangan calon yang telah didaftarkan.
“Sesuai dengan yang sudah diputuskan partai, kami masih tetap mendukung calon bupati James Sumendap, dan calon wakil bupati Jesaja Legi,” katanya.
Ketua Partai Demokrat Minahasa Tenggara Katrien Mokodaser mengungkapkan, sikap pihaknya masih tetap mendukung pasangan James Sumendap dan Jesaja Legi .
“Sikap kami tetap mendukung contoh yang sudah kami daftarkan yakni James Sumendap dan Jesaja Legi. Dan itu kami sudah membuat pernyataan resminya bersama dengan partai pengusung lainnya,” katanya.
Pasangan calon James Sumendap dan Jesaja Legi didukung 8 Parpol atau 24 kursi dari 25 kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa Tenggara.
Satu partai politik yang tidak memberikan dukungannya yakni Partai Nasdem yang hanya memiliki satu kursi di DPRD Kabupaten Minahasa Tenggara.(anjas)

Leave a Reply