Penghitungan Suara Pemilu Susulan Jayapura Belum Dipastikan Selesai

Jayapura, jurnalsumatra.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Jayapura, Provinsi Papua belum memastikan penghitungan suara dua distrik yakni Distrik Abepura dan Jayapura yang mengalami pemilu susulan pada Kamis (18/4) sudah selesai atau belum

  “Kami coba koordinasi dari pagi bahwa semua Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang mengikuti pemilihan susulan di dua distrik yaitu di Distrik Abepura dan Distrik Jayapura Selatan sudah mengantarkan hasil pemungutan suara ke distrik atau belum,” kata Ketua Bawaslu Kota Jayapura, Frans Rumsarwir di Jayapura, Jumat.

  Frans mengaku, memang sebagian penghitungan suara di masing-masing TPS juga terlambat karena pendistribusian logistik pemilu dari KPU Kota Jayapura ke masing-masing TPS juga agak terlambat.

  Kemudian, penghitungan suara di masing-masing distrik juga terkendala hujan hingga ada beberapa TPS yang pindah dari lokasi tenda ke tempat lain.

  “Pemindahan lokasi karena hujan ini cukup banyak juga setelah kami survei di lapangan, mereka bergeser karena logistik untuk melakukan pencoblosan dan penghitungan disitu tidak aman dari hujan, takut basa,” katanya.

  Lanjut dia, maka ada sebagian yang bergeser ke sekolahan, dan ada yang bergeser ke teras rumah, dari situ baru dilanjutkan.

  “Pada dasarnya sampai dengan Kamis malam, beberapa TPS sudah bisa selesai melakukan penghitungan dan mengantarkan hasil penghitungan suara itu ke distrik/PPD,” katanya.

  Menurut dia, hingga siang tadi, pihaknya belum mendapatkan informasi apakah semua TPS sudah selesai melakukan penghitungan suara atau belum.

  “Nanti kami kroscek lagi, apakah masing-masing TPS sudah mengantarkan hasil penghitungannya ke distrik masing-masing, baik di Distrik Jayapura Selatan maupun Distrik Abepura,” katanya.

  Ia menambahkan, pihaknya juga belum bisa memastikan pada hari ini karena kebanyakan semua beribadah perayaan Jumat Agung.

  “Memang teman-teman kami yang bertugas dimasing-masing distrik sudah memberikan informasi tetapi kami belum pastikan bahwa semua TPS sudah melakukan penghitungan suara,” katanya.

  Sesuai data Bawaslu Kota Jayapura, jumlah TPS di Distrik Abepura 369 unit, sedangkan TPS di Distrik Jayapura Selatan sebanyak 338 unit.

  Kemudian, daftar pemilih tetap (DPT) di Distrik Abepura berjumlah 88.425 orang terdiri dari perempuan sebanyak 40.848 dan laki-laki 47.577 orang

  Selanjutnya, DPT di Distrik Jayapura Selatan sebanyak 72.044 orang dengan rincian perempuan 34.876 orang dan laki-laki 37.168 orang.(anjas)