Pengiriman Obat-Obatan Ke Sapudi Gunakan Kapal Nelayan

     Surabaya, jurnalsumatra.com – Pengiriman bantuan berupa obat-obatan ke Pulau Sapudi, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur yang sebelumnya terkena gempa, harus menggunakan kapal nelayan, karena sulitnya jangkauan lokasi terdampak gempa.
Senior Head of Relation Husky Cnooc Madura Limited (HCML), Hamim Tohari, Jumat di Surabaya mengatakan, obat-obatan yang diangkut dengan perahu nelayan itu merupakan obat untuk kedaruratan, dan jenisnya sesuai dengan permintaan dan kebutuhan Puskesmas untuk para korban gempa.
“Bantuan berupa obat-obatan itu diberikan langsung tim HCML kepada petugas Puskesmas Gayam, Pulau Sapudi. Dan kami mengirimkan bantuan karena mendesak diperlukan, sebab kalau untuk kebutuhan sandang dan pangan, relatf masih cukup di Pulau Sapudi,” katanya.
Dikatakannya, bantuan itu merupakan bentuk kepedulian perusahaan kepada warga Pulau Sapudi, sebab HCML adalah bagian dari masyarakat Sapudi karena perus operasional perusahaannya ada di Sumenep.
HCML merupakan salah satu kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) migas yang beroperasi di Kabupaten Sumenep. Wilayah pengeboran HCML berada di peraran Sapudi – Raas.

     “Sampai hari ini, lapangan MDA/MBH di Sumenep masih belum produksi. Yang sudah produksi baru di Sampang. Tetapi itu tidak menjadi penghalang bagi kami untuk tetap peduli dan berbagi pada korban gempa di Sapudi,” katanya.
Sebelumnya, gempa terjadi Kamis (11/10) dini hari pukul 01.46 WIB berkekuatan 6,3 Skala Richter. Episenter gempa bumi berlokasi di laut pada jarak 55 km arah timur laut Situbondo. Hasil monitoring BMKG, sempat terjadi lagi gempa susulan dengan magnitudo 3,4 pada pukul 02.30 WIB.
Daerah terparah yang mengalami kerusakan akibat gempa tersebut adalah Kecamatan Gayam, Pulau Sapudi, Kabupaten Sumenep, karena ratusan rumah rusak. Puluhan warga luka-luka, dan tiga warga meninggal akibat tertimpa reruntuhan rumah.
Data dari BPBD Sumenep, korban gempa tersebar di Desa Prambanan, Jambuir, Karang Tengah, Kaloang, Pancor, dan Desa Nyamplong, Kecamatan Gayam. Selain itu juga ada di beberapa desa di Kecamatan Nonggunong Pulau Sapudi, serta beberapa wilayah di kecamatan daratan Sumenep.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − 13 =