Pengunjung Taman Pintar Tembus Satu Juta Wisatawan

    Yogyakarta, jurnalsumatra.com – Jumlah wisatawan di Taman Pintar Yogyakarta menembus angka lebih satu juta tepat saat momentum libur panjang akhir tahun, bahkan tempat wisata itu memberikan souvenir khusus kepada pengunjung ke satu juta.
“Seperti tahun sebelumnya, kami juga merayakan pengunjung ke satu juta sepanjang 2017. Rata-rata jumlah pengunjung di Taman Pintar cukup stabil yaitu sekitar satu juta per tahun,” kata Kepala Bidang Taman Pintar Yogyakarta Afia Rosdiana di Yogyakarta, Jumat.
Hingga September, jumlah pengunjung ke Taman Pintar Yogyakarta baru mencapai sekitar 600.000 orang, kemudian mengalami kenaikan cukup pesat menjelang akhir tahun karena banyak libur panjang yang diakhiri dengan libur panjang akhir tahun.
Selama libur panjang akhir tahun, jumlah pengunjung ke Taman Pintar mengalami kenaikan yang sangat signifikan yaitu mencapai 9.000 hingga 10.000 orang per hari atau mengalami kenaikan lebih dari dua kali lipat dibanding rata-rata kunjungan setiap hari yaitu 3.000 orang hingga 5.000 orang saat akhir pekan.
Sementara itu, pengunjung yang beruntung menjadi pengunjung ke satu juta di Taman Pintar adalah wisatawan asal Surabaya, yaitu keluarga Rendi.
“Kami memang tengah liburan ke Yogyakarta dua hari satu malam. Untuk mengisi liburan khususnya untuk anak-anak, kami memilih pergi ke Taman Pintar,” katanya.

    Menurut Rendi, Taman Pintar menjadi alternatif pengisi aktivitas anak-anak selama liburan karena bisa bermain sambil belajar sehingga tidak hanya berwisata belanja di Yogyakarta.
“Baru sekali ini ke Taman Pintar meskipun sudah sering mendapat informasinya,” katanya yang memperoleh televisi LED dan beberapa souvenir menarik dari Taman Pintar.
Sementara itu, Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi yang memberikan secara langsung souvenir kepada pengunjung ke satu juta mengatakan bahwa Taman Pintar memiliki daya tarik bagi wisatawan karena menyediakan tempat berlibur yang menyenangkan dan menambah wawasan.
“Taman Pintar, memberikan hiburan yang mendidik untuk wisatawan. Tidak perlu buka buku untuk belajar tetapi bisa langsung praktik dan memperoleh ilmu pengetahuan,’ katanya.
Ia menyebut, Taman Pintar masih dinilai sebagai tujuan wisata yang menarik sehingga dimungkinkan untuk meningkatkan target kunjungan wisata hingga lebih dari satu juta orang per tahun.
Namun demikian, lanjut dia, peningkatan target kunjungan wisatawan sangat tergantung dari berbagai aspek seperti kapasitas parkir. Selama ini, parkir wisata Taman Pintar berada di Taman Parkir Senopati dengan kapasitas parkir yang terbatas.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − fourteen =