Penulisan Agama/Kepercayaan Di KK-KTP Dinilai Lebih Tepat

Jakarta, jurnalsumatra.com – Direktur Eksekutif Lembaga Analisa Konstitusi dan Negara Tohadi menilai penulisan agama/kepercayaan dalam kartu keluarga dan kartu tanda penduduk lebih tepat daripada hanya tertulis agama lantas diisi penghayat kepercayaan.
Di dalam UUD 1945, kata Tohadi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat, antara agama dan kepercayaan juga dipisah dalam norma yang berbeda, yakni ayat 1 dan 2 pada Pasal 28E. Artinya, antara agama dan kepercayaan merupakan dua hal yang berbeda.
Menurut dia, dengan memutuskan diperbolehkannya pengisian kolom agama di KK dan KTP dengan penghayat kepercayaan maka berarti MK menyamakan agama dengan kepercayaan bahkan mengakui kepercayaan termasuk bagian dari agama.
“Saya tetap menghormati putusan MK karena terikat asas bahwa apa yang telah diputus oleh hakim harus dianggap benar. Namun, ada catatan kritis terhadap putusan MK yang diambil secara bulat oleh sembilan hakim konstitusi tersebut,” ucap Tohadi.
Pengajar Fakultas Hukum Universitas Pamulang itu menilai ada ketidaksesuaian logika hukum antara pertimbangan hukum (konsiderans) dengan amar putusannya.
“Dalam pertimbangan hukumnya menyatakan antara agama dan kepercayaan dua hal yang berbeda, tapi dalam amar atau dictum putusan memutuskan kepercayaan termasuk bagian dari agama,” ungkapnya.
MK, kata dia, juga menyatakan yang menjadi alat uji terhadap permohonan perkara kepercayaan ini adalah ketentuan Pasal 28E ayat (1) dan (2) UUD 1945, di mana agama dan keyakinan diatur sebagai dua hal yang terpisah.
Menurut Tohadi, kalau MK konsisten maka seharusnya MK memaknai kata agama dalam Pasal 61 ayat (1) dan Pasal 64 ayat (1) UU No. 23 Tahun 2006 jo. UU No. 24 Tahun 2016  yang dimohonkan uji materi itu sebagai agama/kepercayaan.
“Sehingga nanti kolom agama dalam KK dan KTP-e diubah atau diganti kolom agama/kepercayaan. Ini menunjukkan bahwa antara agama dan kepercayaan dua hal yang berbeda,” tuturnya.(anjas)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × four =