Penumpang Arus Balik Padati Syamsudin Noor

     Banjarbaru, jurnalsumatra.com – Penumpang arus balik memadati Bandar Udara Syamsudin Noor Banjarmasin, Kalimantan Selatan, sejak H+2 Idul Fitri atau Senin (18/6) hingga hari kelima setelah Idul Fitri, Kamis.
Kepala Posko Terpadu Angkutan Lebaran Bandara Syamsudin Noor Rully Artha di Banjarbaru, Jumat mengatakan,
jumlah penumpang meningkat setiap hari tiga hari setelah lebaran itu.
“Sejak H+2 Idul Fitri penumpang yang datang mengalami peningkatan dengan jumlah diatas 5 ribu orang per hari dan dipastikan meningkat jumlahnya hingga hari Ahad (24/6),” ujarnya.
Disebutkan, jumlah penumpang yang datang pada H+2 sebanyak 5.452 orang dan penumpang berangkat 5.982 orang dengan kenaikan mencapai 18,13 persen dibanding tahun 2017.
Kemudian, Selasa atau H+3 Idul Fitri terjadi kenaikan jumlah penumpang yang datang sebanyak 6.739 orang dan jumlah penumpang berangkat tercatat sebanyak 6.272 orang.

     Memasuki H+4 jumlah penumpang mencapai 7.189 orang dan diperkirakan hari itu menjadi puncak arus balik tahap pertama karena diprediksi penumpang terus mengalir pada Sabtu dan Ahad.
“Jumlah penumpang paling banyak Rabu (20/6) atau H+4 yang menjadi puncak arus balik tetapi Sabtu dan Ahad, diperkirakan penumpang banyak,” ucap Manager Operasi Syamsudin Noor itu.
Menurut dia, puncak arus balik bisa terjadi pada Sabtu dan Ahad karena diperkirakan banyak penumpang yang memilih pulang hingga beraakhirnya masa libur panjang.
“Perkiraan kami, penumpang banyak yang memilih pulang hingga masa libur panjang berakhir yakni Sabtu dan Ahad sehingga jumlahnya tetap banyak meski tidak seperti H+4,” ujarnya.
Dikatakan, jumlah penumpang secara keseluruhan baik yang datang maupun berangkat hingga Kamis (21/6) sebanyak 178.596 orang atau naik sebesar 10,16 persen dibanding tahun 2017.
“Penumpang yang datang maupun berangkat sebanyak 178.596 orang itu terdiri dari penumpang datang 75.734 orang dan penumpang yang berangkat 102.862 orang,” katanya.(anjas)

Leave a Reply