Penyaluran bantuan pangan Palembang capai 80 persen

Palembang jurnalsumatra.com – Realisasi penyaluran bantuan pangan non tunai melalui e-warung di Kota Palembang, Sumatera Selatan pada November 2017 telah mencapai 80 persen lebih.

“Realisasi penyaluran BPNT cukup baik, berdasarkan data tersebut optimistis hingga akhir tahun bisa disalurkan kepada seluruh keluarga penerima manfaat,” kata Kepala Dinas Sosial Palembag, Heri Aprian di Palembang, Rabu.

Menurut dia, jumlah keluarga penerima manfaat bantuan pangan non tunai itu secara keseluruhan yang tersebar di 18 kecamatan dalam kota ini mencapai 79.396 KPM.

Berdasarkan data realisasi penyaluran bantuan pangan non tunai dari 88 e-warung yang ditunjuk melayani masyarakat, tinggal sedikit lagi yang belum menerima bantuan itu yakni sekitar 1.000 KPM.

Masyarakat yang belum menerima bantuan itu, disebabkan menghadapi beberapa masalah seperti nama tidak sesuai dengan nomor induk kependudukan (NIK) dan ada kepala keluarga yang tercatat sebagai penerima BPNT meninggal dunia.

Keluarga penerima manfaat bantuan pangan non tunai itu akan diusahakan segera mendapatkan haknya dengan memfasilitasi mereka menyelesaikan permasalahan yang menjadi penghambat memperoleh bantuan tersebut, katanya.

Dia menjelaskan, program BPNT untuk meringankan beban masyarakat yang tergolong kurang mampu memenuhi kebutuhan pokoknya, setiap bulannya diberikan saldo Rp110.000 kepada KPM.

Saldo yang dimiliki KPM tersebut bisa digunakan untuk belanja pangan seperti beras dan telur di e-warung yang ada di sekitar kawasan permukiman penduduk, kata Kadinsos.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 − 6 =