Penyaluran Rastra Desa Rimba Ukur Tepat Sasaran


Muba, jurnalsumatra.com – Beras sejahtera (rastra) atau beras untuk warga miskin (raskin) adalah salah satu program pro rakyat unggulan pemerintah dalam membantu dan meringankan beban masyarakat miskin guna mencapai kesejahteraan, bahkan untuk mengantisifasi jangan sampai penyaluran rastra tidak tepat sasaran pemerintah juga akan memasang stiker dirumah-rumah masyarakat yang mendapatkan subsidi rastra.

Maka sebelum pemerintah memasang stiker yang dimaksud kedesanya, Hardi kepala desa Rimba Ukur (C5) Kecamatan Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), melakukan musyawarah dengan warga untuk mengalihkan jata raskin dari warga yang sudah sejahtera ke warga yang membutuhkan namun tidak terdaptar sebagai penerima rastra, sementara upaya itu dilakukan agar penyaluran rastra di desanya tepat dengan sasaran.

“Jangan sampai terjadi kesenjangan atau asumsi negative warga terhadap perangkat desa, maka warga terbilang mampu yang namanya terdaptar sebagai penerima kita ajak musyawarah, alhamdulullah mereka sepakat menandatangani surat pernyataan untuk memberikan jata rastra yang selama ini mereka terimah kepada saudara-saudara kita yang memang benar-benar membutuhkan.”Ujar Kades Rimba Ukur Hardi saat dibincangi wartawan Jurnal Sumatra.com kemarin.

Hardi juga berharap, kepada pemerintah Kabupaten agar secepatnya memasang stiker dirumah penerima rastra didesanya.

Sementara Zulkarnain (56) selaku toko masyarakat menyetujui kebijakan yang dilakukan kepala desa, bahkan menurut Zulkarnain untuk dusun 6 desa Rimba Ukur tempat dia berdomisilih telah dilakukan musyawarah agar pembagian rastra tepat dengan sasaran.

“Kalau sudah terbilang mampu, ada kebun karet/sawit, mobil tinggal dirumah gedung, apa kita tidak malu menerima rastra apalagi rumah kita sampai dipasang stiker oleh pemerintah masuk katagori warga miskin. Nanti benar-benar dikabulkan yang maha kuasa, timbul jatuh miskin benaran.”Canda Zulkarnain. (Rafik Elyas)     

Leave a Reply