Peraih Penghargaan ACES Dipilih Melalui Seleksi Ketat

Singapura, jurnalsumatra.com – Sejumlah perusahaan dan individu yang meraih penghargaan Asia Corporate Excellence & Sustainability (ACES) harus melalui seleksi yang ketat sebelum akhirnya dipilih sebagai pemenang.
“Kredibilitas adalah suatu hal yang terpenting dalam pemberian penghargaan. Proses seleksi dilakukan dengan prosedur yang ilmiah,” kata juri anugerah ACES, Hemant K. Batra, dalam konferensi pers acara malam penghargaan ACES di Singapura, Kamis (11/10) malam.
Ia mengatakan para kandidat peraih penghargaan dipilih berdasarkan informasi yang berasal dari berbagai sumber di antaranya dari tim riset dan juri, pihak ketiga, dan riset mendalam.
“Para nominator berasal dari tiga sumber, pertama adalah dari tim riset dan juri, kedua adalah dari pihak ketiga yang menominasikan kandidat tersebut, dan ketiga adalah dari riset mendalam yang dilakukan oleh tim riset yang memunculkan para nominator,” katanya.
Nama perusahaan dan individu yang sudah terkumpul itu, selanjutnya harus melewati beberapa tahap seleksi.
“Dimulai dengan uji kelayakan yang menguji kandidat dengan berbagai pertanyaan yang sulit dan kandidat diminta memberikan informasi sebanyak mungkin di antaranya tentang kepemimpinan, rencana bisnis, visi, sikap, dan pendekatan mereka,” katanya.
Selain itu, para kandidat yang lolos  akan melewati tahap berikutnya, yaitu pengecekan dokumen dan diakhiri dengan wawancara.

“Para nominator yang lolos pada tahap ini akan melewati pengujian dokumen oleh tim, di antaranya struktur keuangan perusahaan, pemilik, laporan keuangan. Selanjutnya, tim akan melakukan wawancara langsung dengan kandidat,” katanya.
Sebanyak 48 penghargaan diberikan baik kepada perusahaan ataupun individu berprestasi di Asia dalam acara malam penganugerahan ACES.
Acara yang diselenggarakan pada Kamis (11/10) malam di Hotel Fairmont, Singapura itu, dihadiri seluruh perwakilan perusahaan yang mendapatkan penghargaan dari berbagai negara di Asia.
Di antara para pemenang, ada lima perusahaan dari Indonesia mendapatkan penghargaan dari ACES atas prestasi yang telah mereka lakukan di berbagai bidang.
Sebanyak dua perusahaan mendapatkan penghargaan atas prestasi gemilang karena sosok yang memimpin perusahaan tersebut. Para penerima penghargaan tersebut adalah Shanti Lasminingsih Poesposoetjipto sebagai Komisaris Utama PT Samudera Indonesia TBK yang mendapatkan penghargaan Woman Entrepreneur of the Year dan Parveen Kathuria sebagai Presiden Direktur PT Syngenta Indonesia yang mendapatkan penghargaan Outstanding Leaders in Asia.
Sebanyak tiga perusahaan yang mendapatkan penghargaan, di antaranya penghargaan Asia’s Most Influential Companies diraih oleh PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero), penghargaan Asia’s Leading SMEs diraih oleh PT Combiphar, dan penghargaan Top Green Companies in Asia diraih oleh PT Sharp Electronics Indonesia.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × one =