Perang Sanggi Warani Berakarang Berasama Bupati

Pali, jurnalsumatra.com – Sebagai salah satu cara untuk melestarikan budaya khas Bumi Serepat Serasan, Bupati PALI. H. Heri Amalindo menggelar Nanggok Ikan bersama ratusan masyarakat kabupaten PALI, Sabtu (16/11/2019) bertempat di Lebung Talang Kecer, kelurahan Talang Ubi Utara, kecamatan Talang Ubi kabupaten PALI.

Dalam keterangannya, Heri Amalindo menjelaskan, selain untuk melestarikan budaya, kegiatan yang menghabiskan ikan sebanyak 800 kg itu bertujuan untuk mengajak masyarakat agar dalam mengambil ikan, menggunakan cara-cara yang legal.

“Tentunya, kegiatan Nanggok Ikan juga mengingatkan dan mengajak masyarakat untuk mengambil ikan tidak dengan cara ilegal, seperti menyetrum, meracuni atau mutas. Sehingga, budaya nanggok kita harapkan akan digelar setiap tahunnya, bahkan setiap lebung atau kolam ikan yang ada di wilayah kabupaten PALI,” ucap Heri Amalindo.

Sementara itu, Lastri (36) warga kelurahan Talang Ubi Timur yang ikut kegiatan Nanggok ikan mengaku sangat senang dengan kegiatan tersebut. Ia berharap, pemkab PALI akan terus menggelar kegiatan ini. “Pak Bupati pernah juga menggelar mancing bersama, hari ini nanggok ikan bersama. Kami senang pak, karena selain dapat ikan, kami juga mendapat doorprize berupa sembako dari panitia,” terang ibu satu orang anak ini.

Selain pembagian doorprize berupa sembako, Bupati PALI juga memberikan bonus uang tunai total jutaan rupiah bagi warga yang berhasil menanggok ikan, seperti Ikan Gurami, Ikan Lele dengan pita merah, dan ikan yang paling besar.(hab)