Perempuan Bolaang Mongondow Dilatih Kreatif Bangun Usaha

    Bolaang Mongondow, jurnalsumatra.com – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow melatih kaum perempuan dalam beberapa kelompok usaha mengembangkan kreativitas dan keterampilan dalam pengelolaan usaha produksinya.
“Jadi untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga bukan hanya tugas seorang laki-laki/suami. Bahkan, dalam bidang wirausaha, bukan sedikit kaum perempuan yang justru lebih sukses dibandingkan para lelaki, makanya pelatihan ini dilaksanakan guna menjawab akan kebutuhan para kaum wanita berkiprah dalam dunia wirausaha,” ungkap Sekretaris Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Tahlis Gallang di Bolaang Mongondow, Kamis.
Pelatihan dengan tema “Mewujudkan perempuan cerdas berkualitas dan hebat” itu tujuannya semua peserta memahami peran masing-masing dalam menyukseskan program dan usahanya guna mendukung peningkatan ekonomi daerah.
“Tujuan akhir dari pelatihan ini adalah untuk memperkuat wawasan berwirausaha para kelompok usaha perempuan tersebut, jika mereka sudah memahami akan peran dan kerjanya masing-masing, ujung-ujungnya ekonomi daerah akan terbantu,” katanya.

     Ia mengharapkan pelatihan itu menjadi motivasi kaum perempuan di Bolaang Mongondow dalam menggeluti usaha di bidangnya masing-masing.
“Kami berharap agar semangat dan motivasi dalam membangun usaha bagi kaum perempuan bukan hanya ada pada kelompok usaha, tapi juga bertransformasi hingga ke kaum wanita lainnya. Sehingga betul-betul memiliki dampak dalam pembangunan perekonomian daerah,” ungkapnya.
Ia mengatakan jika sebagian besar kaum perempuan di daerah itu ikut memberdayakan kemampuannya seperti dalam bidang pertanian, perikanan, serta penyediaan bahan kebutuhan pokok lainnya melalui wirausaha, maka upaya pemerintah dalam meningkatkan ekonomi daeran bisa dicapai.
Ia mengatakan guna meningkatkan kualitas pengelolaan usaha hingga memperoleh pendapatan/pemasukan yang mencukupi maka masyarakat harus berkerja keras dan tekun.
“Agar supaya dapat penghasilan yang akan dipakai untuk kebutuhan keluarga,” katanya.
Upaya pemerintah daerah, katanya, mewujudkan masyarakat setempat yang makin sejahtera, termasuk kaum perempuan.
Pemkab Bolaang Mongondow akan memfasilitasi kebutuhan kelompok usaha, berupa pemberian bantuan bahan atau mesin untuk dipakai dalam berwirausaha.
“Kami akan siapkan bahan atau barang/mesin yang bisa digunakan dalam produksi usaha yang dipilih dari masing-masing kelompok usaha perempuan,” katanya.(anjas)

Leave a Reply