Peringatan Hari Kesehatan Nasional Digelar Saat CFD

   Jakarta, jurnalsumatra.com – Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-57 akan digelar pada saat hari bebas kendaraan bermotor (car free day/CFD) di Jalan Sudirman-Thamrin Jakarta pada Minggu (12/11) yang akan diisi oleh berbagai acara.
“Puncaknya tanggal 12 November, dengan target memecahkan rekor muri senam peregangan terbanyak dengan 10 ribu peserta,” kata Usman Sumantri selaku Ketua Umum HKN 2017 di kantor Kementerian Kesehatan, Rabu.
Jumlah 10 ribu peserta tersebut berasal dari undangan para jajaran kesehatan, mitra kesehatan, kementerian-lembaga, dan kedutaan besar.
Sekretaris Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan Kuwat Sri Hudoyo memaparkan selain acara utama senam peregangan massal, juga akan ada sejumlah acara lain dan panggung hiburan.
Di sepanjang Jalan MH Thamrin hingga Bundaran HI akan digelar bazar sayur, buah dan ikan sebagai bentuk Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).
Selain itu ada pula pemeriksaan kesehatan secara gratis untuk mengecek kadar gula darah, kolesterol, dan tekanan darah.
Kuwat mengatakan ketiga fokus kegiatan tersebut diadakan sebagai refleksi tiga fokus utama Germas yakni aktivitas fisik 30 menit per hari, perbanyak makan buah; sayur; dan ikan, serta melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin.

    Peserta yang akan hadir pada peringatan HKN di area hari bebas kendaraan bermotor tersebut akan mengenakan pakaian germas berwarna biru.
“Jadi nanti akan membirukan Sudirman-Thamrin. Warna biru untuk mengingatkan kita bagaimana berperilaku hidup sehat,” kata Kuwat.
Peringatan HKN juga akan digelar di area hari bebas kendaraan bermotor tiap ibukota provinsi secara serentak di seluruh Indonesia.
Rangkaian acara peringatan HKN Ke-53 juga sudah dilaksanakan sejak beberapa hari sebelumnya dan akan mengadakan pameran kesehatan di JIEXPO Jakarta mulai Kamis (9/11).
Acara tersebut akan memamerkan berbagai alat kesehatan produksi dalam negeri yang nantinya agar bisa digunakan sebagai alat kesehatan di berbagai fasilitas layanan kesehatan.
Selain itu akan ada pula berbagai seminar edukasi tentang kesehatan, donor darah, dan juga pemeriksaan kesehatan seperti tes IVA untuk mengetahui kanker serviks, pemeriksaan mata gratis, pos untuk konsultasi berhenti merokok,¿ pemeriksaan gula darah, pemeriksaan kolesterol, pemeriksaan thalasemia, sampai pemeriksaan kepadatan tulang serta tes kebugaran.
Tema peringatan HKN 2017 ialah Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku yang mengingatkan agar masyarakat memulai menjaga kesehatan dari keluarga dan selanjutnya menjadikan Indonesia sehat.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten − nine =