Peringatan HKN ke-53 di Ogan Ilir Meriah

INDRALAYA, jurnalsumatra.com- Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 di Kabupaten Ogan Ilir (OI), berlangsung meriah. Berbagai kegiatan yang dilakukan pada puncak peringatan tahunan tersebut, mulai dari parade devile Puskesmas-puskesmas hingga aksi teatrikal bebas pasung.

Kegiatan tersebut dimulai pukul 09.30 dengan Inspektur upacara bupati Ogan IlirHM Ilyas Panji Alam, dan dibuka dengan devile puskesmas dan organisasi kesehatan lainnya.

Dalam kegiatan tersebut, Bupati OI, me-Launching Perda bebas pasung ditandai dengan pelepasan balon ke udara, pemberian penghargaan kepada puskesmas dan tenaga kesehatan berprestasi dan pemberian secara simbolis kartu jaminan kesehatan nasional kepada perwakilan warga,

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten OI dr Hj Siska Susanti MKes menjelaskan, di tahun 2018 mendatang pihaknya akan berfokus kepada germas untuk kesehatan keluarga, dengan banyak bergerak, makan buah-buahan, pola makan yang sehat, dan tidak merokok.

“Selain program germas pihaknya juga me-launching bebas pasung 2018. Hingga saat ini data yang masuk di Dinkes OI pada tahun 2017, data orang gila yang di pasung sebanyak 12 orang. Namun, keseluruhannya sudah dilepas dan terus didampingi oleh tenaga kesehatan puskesmas. Sedangkan Kecamatan yang terbanyak kasus tersebut, yakni Kecamatan Tanjung Batu,” Kata Kadinkes OI.

Sementara Bupati OI Ilyas Panji Alam mengatakan, dengan diterbitkannya perdabebas pasung tersebut, sebagai bukti komitmen pemerintah dalam menyikapi terhadap orang gila. Dan terus memgupayakan kedepannya nanti kabupaten ini terbebas dari pasung. (Edi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + 14 =