Perpustakaan Yogyakarta Akan Permudah Layanan Koleksi Digital

     Yogyakarta, jurnalsumatra.com – Perpustakaan Kota Yogyakarta terus berusaha menyempurnakan dan mempermudah layanan terhadap koleksi perpustakaan digital sehingga akan ada lebih banyak masyarakat yang bisa mengaksesnya.
¿Tahun depan, kami merencanakan pemasangan alat khusus sehingga koleksi perpustakaan digital bisa diakses di tempat umum,¿ kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko di Yogyakarta, Selasa.
Namun demikian, masyarakat yang hendak mengakses koleksi perpustakaan digital harus terlebih dulu terdaftar sebagai anggota Perpustakaan Kota Yogyakarta karena saat mengakses harus menuliskan nomor anggota perpustakaan.
Saat ini, lanjut dia, Perpustakaan Kota Yogyakarta memiliki cukup banyak koleksi buku dalam bentuk digital, yaitu mencapai sekitar 10.000 judul, baik buku fiksi maupun nonfiksi.

Ia berharap, keberadaan perpustakaan digital tersebut dapat semakin memudahkan masyarakat untuk mengakses buku, terlebih teknologi informasi berkembang sangat cepat, apalagi kondisi Perpustakaan Kota Yogyakarta semakin penuh karena jumlah pengunjung terus meningkat.
Rata-rata jumlah pengunjung di Perpustakaan Kota Yogyakarta mencapai sekitar 1.500 hingga 1.600 orang per hari dan tidak sesuai dengan kapasitas ruangan yang ada.
¿Jika akses terhadap bahan pustaka ini semakin mudah, maka diharapkan tingkat literasi masyarakat di Kota Yogyakarta semakin tinggi,¿ katanya.
Berdasarkan data kunjungan, Wahyu menyebut, tingkat literasi warga Kota Yogyakarta sudah cukup baik, namun perlu terus ditingkatkan, yaitu dari sekitar 450.000 warga Kota Yogyakarta, sekitar 45.000 hingga 60.000 menjadi pengunjung Perpustakaan Kota Yogyakarta.
Perpustakaan Kota Yogyakarta juga akan membuka perpustakaan di Yogyakarta bagian selatan, yaitu di Jalan Mayjen Sutoyo, pada bulan depan dengan fasilitas yang sama seperti perpustakaan utama yang berada di Jalan Suroto, baik dari koleksi buku, layanan hingga fasilitas wi-fi.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − four =