Persis Dikalahkan Persibat 0-1

     Solo, jurnalsumatra.com – Tim tuan rumah Persis dikalahkan Persibat Batang 0-1 pada pertandingan uji coba persiapan kompetisi Liga 2 Indonesia 2018 di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Senin petang.
Laga yang disaksikan sekitar 5.000 penonton, baik pendukung tim tuan rumah “Pasoepati” maupun tim tamu itu, berjalan seru. Kedua kesebelasan memperlihatkan permainan cepat.
Pada babak pertama, Persis menampilkan permainan dengan umpan dari lini ke lini, akan tetapi M. Wahyu dan kawan-kawan belum mampu menembus pertahanan Persibat yang dijaga dengan disiplin oleh para pemainnya.
Sebaliknya, Persibat yang mengandalkan permainan cepat sering merepotkan barisan belakang Persis.
Satu-satunya peluang Persibat saat babak pertama melalui tendangan keras dari kaki Fathoni pada menit 42. Akan tetapi, bola mampu diblok oleh kiper Persis, Galih Sudaryono yang bermain tenang. Kedudukan bertahan imbang 0-0 hingga babak pertama usai.
Memasuki babak kedua, Persis tampak masih bermain monoton dengan serangan melalui Johan Yoga, Sunarto, dan Dedi Cahyono masih terbaca lawan sehingga mereka sering kalah duel di lini depan.

     Persis memasukan dua strikernya, yakni Kito Chandra dan Handoko, untuk menggantikan Johan Yuga dan Jalwandi, agar menambah daya dobrak di lini depan. Melalui pemain Persis, Kito dan Handoko yang masih memiliki tenaga segar itu, tuan rumah sempat menggoyahkan pertahann lawan.
Persis mempunyai peluang menit 70 melalui tendangan keras Kito Chandra. Akan tetapi bola mengalir tipis di samping kiri gawang Persibat sehingga kedudukan tetap imbang 0-0.
Persis yang asyik menyerang justru kebobolan menit 78 melalui serangan balik cepat yang dilancarkan Persibat. Ugik yang berdiri bebas tanpa pengawalan pemain belakang Persis langsung menendang bola ke arah gawang sehingga mengubah kedudukan menjadi 0-1 untuk tim tamu.
Dengan ketinggalan satu gol, Persis kemudian memasukkan Bayu Andra di lini tengah menggantikan M. Wahyu.
Namun, serangan Persis selalu gagal di barisan belakang Persibat. Kedudukan 0-1 untuk tim tamu bertahan hingga babak kedua usai.
Pelatih Persibat Batang Daniel Rukito mengatakan timnya dibentuk baru satu bulan terakhir, akan tetapi mampu mengimbangi permainan tim tuan rumah.
“Persis bermain bagus dengan materi pemain berkualitas. Persibat kalah materi pemain, dan kami banyak belajar dari Persis. Uji coba ini merupakan pengalaman berharga sebelum mengikuti Liga 2 mendatang,” kata dia.
Pelatih Persis Solo Freddy Mulli mengatakan tentang adanya peningkatan permainan Persis saat melawan Persibat.
Adanya tekanan ketat, ujar dia, sebagai hal yang baik untuk pengalaman pemain sebelum  kompetisi.
“Kami setelah melawan Persibat ini akan mencoba lagi melawan Bhayangkara FC di Stadion Manahan Solo,  Minggu (25/2). untuk mematangkan tim. Kerja sama tim masih kurang dan terus ditingkatkan sehingga melawan Bhayangkara FC akan lebih baik,” kata Freddy.(anjas)

Leave a Reply