Personel Polisi Bersih Sampah Pantai Matras

     Sungailiat, Babel, jurnalsumatra.com – Ratusan personel Polres Kabupaten Bangka, Daerah Kepulauan Bangka Belitung menggelar kegiatan bersih Pantai Matras dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2019.
   Hari Peduli Sampah 2019 yang dipusatkan di Pantai Matras, Kamis, itu merupakan kegiatan sinkronisasi yang melibatkan dari unsur kepolisian, instansi terkait, pemerintah daerah, elemen masyarakat termasuk pelajar tingkat SLTA, dan karyawan PT Timah.
   Kapolres Bangka AKBP M.Budi Ariyanto mengatakan, kegiatan peringatan hari peduli sampah nasional 2019 merupakan kegiatan yang diinstruksikan langsung dari Mabes Polri.
   “Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2019, mengambil tema kelola sampah untuk hidup bersih, sehat dan bernilai,” katanya.
   Kegiatan seremonial yang dilanjutkan dengan bersih pantai kali ini, kata Kapolres, akan dilanjutkan kegiatan puncak berikutnya oleh pemerintah daerah yang direncanakan pada Selasa (26/2) di tempat tempat pembuang akhir (TPA).
   “Saya mengimbau seluruh pengunjung pantai baik pengunjung yang datang setiap hari, setiap minggu atau pada hari libur yang biasanya banyak pengunjung ke pantai jangan membuang sampah sembarangan,” katanya.
   Kapolres mengatakan, sampah dapat memberikan kontribusi bagi masyarakat jika dikelola atau didaur ulang.
   “Kita bisa ‘berkawan’ dengan sampah, artinya dapat mengelolanya untuk pentingan masyarakat, namun sebaliknya jika tidak dapat dikelola dengan baik dapat memberikan masalah bagi masyarakat seperti masalah kesehatan mau pun pencemaran,” katanya menjelaskan.
   Dia menilai, sebagiaan masyarakat sudah mulai sadar dengan masalah sampah, tetapi terkadang masih ada yang lupa.
   “Saya mengajak mulai dari diri sendiri untuk melakukan hal yang kecil atau hal-hal yang mudah dilakukan seperti contoh menghindari pengunaan air minuman atau makanan kemasan plastik tetapi lebih baik membawa sendiri dari rumah,” ujarnya. 
   Menjaga kebersihan lingkungan termasuk kawasan pantai menjadi penting dilakukan oleh masyarakat karena selain memberikan kenyamanan, juga menambah keindahan tempat wisata itu.(anjas)

Leave a Reply