Personel TNI Bantu Korban Puting Beliung

     Lhokseumawe, jurnalsumatra.com – Personel TNI dari Koramil 18/Baktiya Barat Jajaran Kodim 0103/Aceh Utara membantu memasak di lokasi terjadi angin puting beliung beberapa waktu lalu, di Desa Matang Sijuek, Kecamatan Baktiya Barat, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh.
Komandan Kodim 0103/Aceh Utara Letkol Kav Fadjar Wahyudi Broto melalui Danramil 18/Baktiya Barat Kapten Inf M Nur, Rabu, mengatakan  sejak terjadi bencana angin puting beliung Sabtu (25/11) lalu yang merobohkan belasan rumah di Desa Matang Sijuek, pihaknya langsung turun ke lapangan dan memberikan bantuan kepada warga.
Selain memberikan bantuan berupa pembersihan sisa-sisa material bangunan yang diobrak-abrik oleh angin puting beliung, anggota TNI setempat juga mendirikan tenda untuk pengungsi sebagai tempat berteduh karena kehilangan tempat tinggal.
“Anggota TNI di sini dikerahkan untuk membantu warga mulai dari mendirikan tenda darurat, membersihkan puing-puing rumah dan membantu memasak di dapur umum,” ujar Kapten M Nur.
Sehari-hari sebelum melaksanakan gotong royong membantu warga, anggota dari Koramil Baktiya terlebih dahulu bersama-sama dengan relawan dan masyarakat setempat membantu memasak makanan terlebih dahulu untuk makan pagi bersama.
Hingga saat ini, lanjut Kapten M Nur, pihaknya bersama dengan personel Polri dan relawan terus membantu para korban angin puting beliung, terutama dalam memperbaiki rumah warga agar dapat segera ditempati kembali.
Belasan rumah di Desa Matang Sijuek, Kecamatan Baktiya Barat roboh diterpa angin puting beliung yang terjadi pada Sabtu (25/11).  Berdasarkan data kerusakan, dari 13 unit rumah yang dihantam angin puting beliung, sebanyak lima rumah rusak total antara lain rumah milik Erwin Basari (44), Basari Hasan (69), Tarmizi Abdul Manaf (38), dan Abdul Hamid (47).
Sedangkan jumlah rumah yang rusak berat antara lain milik M Kasem (53), Darmawati (38), Abd Raman Lamin (67), Jufriadi (40), Tarmizi Abdullah (53), Syuib Basyah (53), Saiful Mahdi (53), dan Abd Wahed  (46).(anjas)

Leave a Reply