Pertamina Energi Negeri Bangun Fasilitas Sekolah

     Balikpapan, jurnalsumatra.com – PT Pertamina (Persero) Balikpapan melalui program Pertamina energi negeri pada pertengahan pekan ini mengunjungi sekolah untuk menyerahkan bantuan perusahaan.
“Kami pada Selasa (28/8) menyerahkan bantuan untuk sekolah di Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, menyusul Senin( 27/8) juga ada aksi Pertamina Energi Negeri, di mana ada 78 relawan   ke sekolah untuk menginspirasi dan berbagi semangat positif,¿ kata Manajer CSR dan Komunikasi Regional PT Pertamina Balikpapan, Yudi Nugraha, Kamis.
Madrasah Tsanawiyah Norhidayah di Desa Pundu, Kotawaringin Timur, mendapatkan bantuan pengadaan ruang guru, toilet, dan tempat wudhu.
Pertamina memberikannya melalui Marketing Operation Region (MOR) VI dalam bingkai program Pertamina Cerdas.
¿Kami juga memiliki tanggungjawab sosial terhadap masyarakat sekitar operasi,¿ kata Kepala Operasi Depot Pengisian Bahan Bakar Pesawat Udara (DPPU) Bandara Tjilik Riwut Palangkaraya Engkus Syaefullah yang meresmikan pemakaian fasilitas tersebut di sekolah.
DPPU Tjilik Riwut adalah unit di bawah MOR VI yang berpusat di Balikpapan, Kalimantan Timur.
Menurut Kepala Madrasah Tsanawiyah Norhidayah Ilpida Hartati, sebelumnya sekolah memang tidak memiliki ruang guru dan toilet yang layak.
¿Jadi kami terpaksa meminjam toilet masjid dekat sekolah,¿ kata Hartati.
¿Semoga bantuan tersebut dapat menunjang kegiatan belajar mengajar serta memotivasi semangat para guru dan murid untuk semakin berprestasi,¿ ujar Syaefullah.

Di Balikpapan General Manager Pertamina Refinery Unit (RU) V, Feri Yani turut menjadi relawan dalam aksi relawan Pertamina Energi Negeri di SDN 021 Balikpapan Tengah, sekolah yang relatif dekat dengan kilang RU V.
Kepada para murid,dia berpesan untuk terus belajar dengan penuh semangat. Belajar sambil peduli pada lingkungan dan turut berhemat energi.
¿Apapun cita-citanya, ada yang mau jadi pilot, tentara, polisi, dokter, pemain bola, atau jadi pegawai Pertamina, yang utama adalah belajar dan terus belajar serta tidak lupa juga terus berdoa,¿ kata Feri.
Pertamina Energi Negeri merupakan kegiatan sukarela yang digagas pekerja-pekerja Pertamina yang tergabung dalam Culture Change Agent.
Seperti GM Feri, para karyawan yang menjadi relawan maupun  guru sejenak dengan hadir ke sekolah untuk memberi contoh dan  nasihat, tentang nilai-nilai baik di dalam kehidupan sehari-hari.         ¿Kami mengusahakan hal-hal itu disampaikan secara menarik dan menyenangkan,¿ kata Yudi Nugraha.
¿Saya terkejut tetapi senang, sebelumnya tidak ada yang menginformasikan jika GM Pertamina akan datang ke sekolah. Saya sangat berterima kasih kepada beliau sudah mau datang dan memberikan semangat kepada siswa-siswi. Kami juga mengucapkan terima kasih sudah memberi banyak  bantuan CSR untuk SDN 021,¿ kata Kepala SDN 021, Sufiansyah.
Di Kota minyak Balikpapan , Pertamina memang tidak sekedar perusahaan pengolah minyak. Bila menilik sejarah Balikpapan yang berkembang menjadi kota karena industri pengolahan minyak itu, Pertamina adalah satu sendi utama Kota, apalagi kemudian kilang dijadikan obyek vital nasional yang membawa konsekuensi tersendiri.
¿Jadi pejabat di Pertamina itu, terutama di RU atau kepala kilang, mirip-miriplah dengan wali kota,¿ seloroh Alfian Tamzil, jurnalis senior Balikpapan.   (anjas)

Leave a Reply