Pertamina TBBM Gelar Simulasi Kebocoran Pipa RTW


Lahat, jurnalsumatra.com – Guna untuk mengatisipasi kebocoran Pipa RTM Pertamax sehingga, berujung terjadinya kebakaran. Oleh sebab itu, pihak Pertamina TBBM Lahat melakukan Simulasi kebocoran tersebut.

Kegiatan itu digelar pada Selasa (16/7/2019). Pertamina mencontohkan kepulan asap melambung tinggi dirumah pompa Product PT Pertamina TBBM Lahat karena bocoran Pipa RTW Pertamax menyebabkan kebakaran. Api pun berhasil dijinakkan dengan cepat berkat kesigapan Tim Fire Brigade Pertamina.

Akibat kejadian, ada tiga orang yang menjadi korban kebakaran itu, langsung Tim Fire Brigade Pertamina melakukan proses evakuasi untuk membantu dan memnawa kerumah sakit terdekat. Penyebab kebakaran sudah diketahui.

Lalu, tiba tiba ada belasan warga sekitar panik ingin memasuki areal TBBM, tapi dihalangi oleh satu Pleton Dalmas Pengendali huru hara dari Polres Lahat, terakhir belasan warga kerusuhan dapat dikendalikan dan suasana kembali jadi kondusif.

“Tidak sampai disitu saja, perwakilan warga pun menghadap OH TBBM Lahat. Semua ini, hanyalah Simulasi OKD TBBM Lahat,” ungkap Teguh Triwidodo disela sela kegiatan Simulasi, Selasa (16/7/2019).

Untuk diketahui, sambung Teguh Triwidodo, kebakaran yang terjadi di TBBM Lahat merupakan bagian dari simulasi Operasi Keadaan Darurat (OKD) untuk menilai kesiapan personil, sistem, sarana serta fasilitas yang dimiliki simulasi OKB kebakaran di TBBM Lahat.

Bukan hanya itu saja, kata Teguh Triwidodo, termasuk dalam OKD yang membutuhkan bantuan dari lokasi operasi dan unit pertamina lain bila benar benar terjadi peristiwa kebakaran tersebut.

“Alhamdulillah, kejadian yang tidak diinginkan itu jauh jauh dari kita, dan kita berdoa supaya tidak terjadi. Kenapa, sampai sekarang masyarakat dan stick holder percaya dan merasa masih nyaman berdamping dengan Pertamina Lahat,” ujar OH TBBM Lahat. (Din)