Pesawat Latih TNI AU Jadi Aksesori Kota

     Mataram, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, segera memasang pesawat latih milik TNI AU sebagai aksesori kota di bundaran taman Rembiga.
“Keberadaan pesawat latih milik TNI AU ini sekaligus untuk mengingatkan kita bahwa kawasan Rembiga dulunya merupakan bandara pertama di NTB yang bernama Bandara Selaparang,” kata Kepala Bidang Ruang Terbuka Hijau (RTH) Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kota Mataram Nanang Edward di Mataram, Rabu.
Ia mengatakan, pemasangan pesawat latih milik TNI AU tersebut  dilaksanakan Kamis (28/12), bersama dengan jajaran TNI AU dengan menggunakan alat berat.
Setelah pemasangan pesawat latih milik TNI AU, Dinas Perkim akan melakukan penataan pada taman Bundaran Rembiga dan akan menjadikan taman tersebut sebagai taman padat tidak lagi taman air mancur.
“Konsep taman air mancur di bundaran itu kami rubah menjadi taman padat dengan berbagai aneka jenis bunga yang menarik,” ujarnya.
Menurutnya, setelah adanya penambahan aksesori pesawat latih milik TNI AU, diyakini Bundaran Rembiga akan menjadi titik baru masyarakat untuk berfoto sekaligus menjadi ikon Kota Mataram yang baru.

     Namun demikian, pemerintah kota tidak akan menyedikan fasilitas parkir di kawasan tersebut, agar tidak mengganggu arus lalu lintas dan jalur tersebut tidak dibolehkan ada kendaran yang parkir.
“Masyarakat boleh berfoto pada hari Minggu setiap kegiatan ‘car free day’, sehingga tidak menganggu arus lalu lintas,” katanya.
Bundaran Rembiga ini merupakan salah satu taman kota yang tepat berada di bagian ujung utara Jalan Udayana, dimana sebelumnya pada bundaran tersebut merupakan taman air mancur dengan berbagai ornamen.
Ornamen pada bundaran itu dilengkapi dengan patung kesenian tradisional lokal yakni Gendang Beleq yang dibuat dengan rangka besi.
Akan tetapi, air mancur dan fasilitas lainnya pada Bundaran Rembiga sering kali rusak akibat ulah tangan-tagan jahil yang tidak betanggung jawab.
“Karenanya, setelah adanya pemasangan pesawat latih milik TNI AU, pengawasan di arel bundaran tersebut akan kita optimalkan, mengingat pesawat yang dipasang ini adalah pesawat asli,” katanya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × one =