Peterhansel Pimpin Reli Dakar Menuju Bolivia

    Arequipa, jurnalsumatra.com – Juara bertahan Stephane Peterhansel memimpin Reli Dakar menuju Bolivia pada Kamis, namun rekan setimnya di Peugeot Carlos Sainz mampu memangkas keunggulan pereli Prancis itu dengan kemenangan tahapan pertamanya pada ajang tahun ini.
Peterhansel mengakhiri tahapan keenam dari kota Peru, Arequipa, menuju La Paz dengan keunggulan 27 menit atas pereli Spanyol, juara reli dunia dua kali dan ayah dari pebalap Formula 1 dengan nama yang sama.
Sainz mengungguli Peterhansel sebesar empat menit enam detik pada tahapan sepanjang 313 kilometer, yang terbagi pada dua seksi dengan area netral sepanjang 238 kilometer di tepi Danau Titicaca dan Altiplano di Bolivia.
Seksi pertama yang berjarak 118 kilometer di tahapan ini berakhir di ketinggian 4.772 meter.
Pereli Toyota asal Belanda Bernhard Ten Brinke menduduki posisi ketiga namun tertinggal lebih dari satu jam 20 menit.

    Peterhansel yang memenangi Reli Dakar lebih banyak dari siapapun dan sekarang mengejar gelar ke-14nya di ajang yang akan berakhir di Argentina pada 20 Januari.
Kategori mobil kini kelihatannya akan dimenangi oleh salah satu pereli Peugeot, di mana ajang kali ini menjadi ajang perpisahan bagi pabrikan tersebut.
Bagaimanapun, tidak ada yang dapat diraih dengan mudah di kondisi-kondisi sulit dan berbahaya.
Pada klasemen sepeda motor, pereli Argentina Kevin Benavides merebut posisi puncak dari pereli Yamaha asal Prancis Adrien van Beveren.
Pereli Honda itu mengakhiri tahapan dengan keunggulan satu menit dan 57 detik atas rivalnya yang membela Yamaha.
Jumat merupakan tahapan istirahat di La Paz.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × one =