Petugas Tangkap Pelaku Curat Warga OKI

OKUTimur,  jurnalsumatra.com – Pengungkapan kasus pencurian dengan pemberatan kembali di ungkap oleh Polres OKU Timur melalui Polsek Belitang lll kali ini dengan tersangka M. Franki Syahputra (17) th bin Nasrullah warga Desa Pasik Kecamatan Mesuji Makmur Kabupaten Ogan komering Ilir pada hari Jum’at (24/01/2020).

Kejadian bermula Pada hari Senin tanggal 09 Desember 2019 sekitar pukul 18.30 wib, saat korban bernama  Hartono (38)th akan menunaikan di Masjid Suhada Nusa Tenggara,Korban memarkirkan kendaraannya di TKP dan meletakan Kunci sepeda motor di jendela Masjid, saat melaksanakan Sholat Magrib Berjamaah, korban mendengar ada teriakan “MALING-MALING” dari arah luar masjid (sekitar TKP),selanjutnya Korban dan teman2 korban yg telah selesai Sholat keluar dari Masjid dan mencari tau siapa org yg berteriak maling tersebut, tidak lama kemudian korban melihat sepeda motor miliknya Sudah tidak ada lagi,lalu korban bersama warga sekitar Tkp berusaha mengejar pelaku yg diperkirakan sebanyak 2(dua) orang,namun tidak berhasil dan atas Kejadian Tersebut korban kehilangan satu Unit sepeda motor jenis Yamaha X ride warna Abu-abu dgn pelat Nopol F 6638 OQ , No Ka : MH32BU005HJ326308, No Sin : 2BU326319 No. BPKB : N00846009,total kerugian senilai (7.000.000)
Korban lalu melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Belitang III.

Barulah pada hari kamis tanggal 23 Januari Sekira jam 22.00 wib,Berawal dari informasi adanya tindak pidana Pencurian yg terjadi di wilkum Polsek Lempuing OKI dan diperkiraan pelaku melarikan diri ke arah Wilkum Polsek Belitang III,selanjutnya anggota Polsek Lempuing dan Polsek Belitang III bergabung untuk melakukan pengejaran terhadap pelaku.

Pada hari Jumat tgl 24 Jan 2020 sekira jam 10.00 wib seorang tersangka M.Franki bin Nasrullah berhasil ditangkap di daerah Kecamatan Mesuji Makmur Kabupaten OKI  lalu tersangka dibawa ke Polsek Lempuing,hasil interogasi terhadap tersangka saat berada di Polsek Lempuing bahwa yang bersangkutan mengakui bahwa  pernah melakukan tindak pidana Pencurian sepeda Motor diparkiran Masjid Suhada Desa Nusa Tenggara Kecamatan Belitang III Kabupaten OKU Timur pada bulan Desember 2019 saat korban sedang melaksanakan Sholat Magrib.

Selanjutnya Anggota Unit Reskrim Polsek Belitang III melakukan Riksa dan Interogasi terhadap tersangka di Polsek Lempuing pada hari ini Jumat tgl 24 Jan 2020 sekira jam 16.00 wib,hasil pemeriksaan terhadap tersangka mengakui bahwa ianya melakukan Pencurian tsb bersama seorang temannya Iwan (21)th,warga Desa pasik HTI Kecamatan Mesuji Kabupaten OKI dan sampai saat ini masih buron dan sepeda motor hasil curiannya telah dijualkan kepada seseorang di Desa Pasik Kecamatan Mesuji Kabupaten OKI dan sampai saat ini motor korban  belum di ketahui di mana keberadaan motor X Ride tersebut.

Kapolres OKU Timur AKBP Erlin Tangjaya SH. Sik melalui Kapolsek Belitang lll Iptu Aston L Sinaga SH dan Kasubag Humas Polres OKU Timur Iptu Yuli membenarkan penangkapan kasus Curat dengan tersangka M. Franki (17)Bin Nasrullah warga OKI dan satu tersangka lainya masih buron yang indentitasnya sudah di ketahui oleh petugas dan kini sedang dalam pengejaran, sementara barang bukti satu unit motor jenis Honda Beat warna hitam/ merah muda tahun 2018 dan pelaku saat ini di amankan di Polsek Lempuing Kabupaten OKI. (Iwn)