PIA DPR Ajak Bangsa Tingkatkan Minat Baca

     Jakarta, jurnalsumatra.com – Persaudaraan Istri Anggota (PIA) DPR RI mengajak seluruh elemen bangsa Indonesia untuk turut berkontribusi pada meningkatkan minat dan budaya baca terhadap seluruh masyarakat Indonesia.

“Wilayah Indonesia yang secara geografis terdiri banyak pulau-pulau dan ketersediaan buku yang tidak merasa menyebabkan terjadi disparitas tinggi terhadap minat dan budaya baca pada masyarakat antar-daerah, terutama antara kota dan desa,” kata istri Wakil Ketua DPR RI, Grace Fadli Zon, melalui siaran pers dari PIA DPR RI yang diterima di Jakarta, Selasa.

PIA DPR RI juga menyitir pernyataan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, seperti dikutip oleh sebuah koran nasional beberapa bulan lalu, yang menyebutkan, budaya baca di Indonesia masih tertinggal sekitar empat tahun dibandingkan dengan budaya baca di negara-negara maju.

Bahkan, disebutkan, ada siswa sekolah menengah di daerah pelosok yang masih belum lancar membaca.

PIA DPR RI berupaya mendukung program Pemerintah  untuk meningkatkan minat dan budaya baca masyarakat, dengan menyumbangkan buku-buku bacaan dan meresmikan Pondok Baca PIA DPR RI, di Kelurahan Dukuh, Kecamatan Sidomukti, Salatiga, Jawa Tengah, Sabtu (9/12).

“Masyarakat Indonesia dengan kesenjangan minat baca yang tinggi antara di kota dan di desa, sehingga memerlukan upaya bersama untuk menyamaratakan minat dan budaya baca tersebut,” katanya.

Grace juga memberikan perhatian terhadap percepatan pertumbuhan penduduk atau bonus demografi yang akan dipetik setelah tahun 2020, seharusnya diimbangi dengan kesiapan generasi muda, angkatan produktif Indonesia yang cerdas dan kreatif sehingga dapat berkompetisi dengan negara-negara lainnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Bakti Sosial PIA DPR RI, Lisa Robert Kardinal mengatakan, kegiatan bakti sosial tersebut sasarannya untuk meningkatkan minat baca terutama untuk anak-anak usia sekolah di pedesaan.

Menurut dia, pada peresmian Pondok Baca PIA DPR RI ini, dilakukan penyerahan kelengkapan pondok baca seperti: buku, rak buku, dan perlengkapan perpustakaan lainnya serta goody bag untuk anak-anak.

Lisa yang juga Ketua Ikatan Istri Fraksi Partai Golkar (IIFPG) ini berharap, dengan peresmian Pondok Baca PIA DPR RI ini dapat merangsang minat baca pada anak dan menjadikan mereka orang-orang hebat.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 + 12 =