Pilih Jurusan Sesuai Bakat

Palembang, jurnalsumatra.com – Dinas Pendidikan (Disdik)   Provinsi Sumsel menghimbau agar siswa yang akan mengikuti penerimaan peserta didik baru (PPDB)  di SMK mengambil jurusan sesuai bakat,  minat dan kemampuannya.  Pasalnya,  pembelajaran di SMK ini tidak hanya pada teori tapi bakat keterampilan siswa.

Hal tersebut diungkapkan Kabid SMK Disdik Provinsi Erlina ketika diwawancarai diruang kerjanya,  Selasa (26/6/2018). Dia mengatakan,  PPDB  SMK sama seperti SMA, yakni pendaftaran 25 sampai 29 Juni dan Tes Potensi Akademik (TPA)  dilaksanakan pada 30 Juni. “Soal TPA itu dibuat oleh sekolah masing-masing,” ujarnya.

Erlina menambahkan,  untuk pengumuman dilaksanakan pada 5 Juli mendatang.  Pengumuman bisa dilakukan online atau tidak tergantung kemampuan sekolah. “Pengumumannya bisa secara online dan bisa juga dengan diumumkan secara manual lewat papan pengumunan sekolah,” bebernya.

Mengenai daya tampung setiap sekolah,  Erlina menambahkan,  dalam satu rombel tidak boleh lebih dari 36 siswa.  Karena daya tampung ini sudah diatur dalam Permendikbud Nomor 17 tahun 2017 PPDB yang berisi rombel SMK dalam satu kelas maksimal 36 siswa.

Erlina menghimbau agar siswa benar-benar mempersiapkan diri dengan banyak belajar sebelum mengikuti tes potensi akademik. Selain itu,  siswa juga harus benar-benar jeli memilih jurusan sesuai bakat, kemampuan dan keahliannya. “Jangan memilih jurusan hanya karena ikut-ikutan teman,  tapi harus sesuai bakat dan keahlian.  Karena SMK ini pembelajarannya lebih ditekankan pada keahlian siswa, ” pungkasnya.  (Yanti)

Leave a Reply