Pilkada Pagaralam Diikuti Enam Pasang Calon

PAGARALAM, jurnalsumatra.com – Pilkada serentak Juni 2018 di Kota Pagaralam resmi diikuti enam pasang calon Walikota dan Wakil Walikota. Keenam pasang calon ini sudah ditetapkan KPU Kota Pagaralam dalam Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Pagaralam 2018, di Aula SD Model, Senin (12/2/2018).

Adapun keenam pasang calon yang ditetapkan antara lain Ludi Oliansyah-H A Facri (LA) dari jalur perseorangan; dr Hj Ida Fitriati Basjuni-Armansah (IDAMAN) melalui jalur partai Golkar, PBB, Hanura, Perindo dan PPP; Alfian-M Fadli (ALFAD) dari jalur partai PKB dan Nasdem; Hermanto-Musabaqo dari jalur perseorangan; Gunawan-Febrianto (BERGUNA) dari partai Gerindra, Demoktrat, PAN dan PKS; terakhir Novirzah-H Suharindi (NS). Sesuai surat keputusan KPU Nomor: 26/BA/KPU/KOT/2018 ‎ semua calon memenuhi semua persyaratan.

Ketua KPU Kota Pagaralam Yenli Elmanoveri mengatakan, sesuai tahapan dan acuan seluruh daerah 171 Gubernur, Walikota/Bupati akan melakukan penetapan calon tetap. Untuk itulah, saat ini pihaknya menetapkan calon tetap untuk dapat ikut pada pilkada serentak Juni 2018 mendatang.

“Berdasarkan hasil semua rangkaian akhir dari proses pendaftaran dari pengumuman daftar calon perseorangan dan partai, kita sudah memeriksa semua berkas. Akhirnya kita bisa mencapai tahapan penetapan calon,” ujar Yenli.

Berdasarkan hasil yang ada, kata Yenli, mulai penyerahan dukungan calon perseorangan yakni Ludi Oliansyah-H A Fachri, Novirzah-H Suharindi dan Hermanto-Musabaqo semua memenuhi syarat. Untuk jalur partai politik dari dr Hj Ida Fitriati Basjuni (IDAMAN), Alfian-M Fadli dan Gunawan-Febrianto.

Kemudian, KPU Kota Pagaralam dalam proses pencalonan sudah menerima masing-masing syarat calon, administrasi, verifikasi faktual untuk mengetahui kebenaran dan keabasahan. Dalam proses ini kami sudah menerima surat keterangan dan konfirmasi langsung.

“Alhamdulillah kita sudah melaksanakan semua rangkaian tersebut dengan sesuai acuan yang ada. Untuk itulah, saat ini ditetapkan enam pasang calon yang akan bertarung pada pilkada Juni 2018 mendatang antara lain‎ Ludi-Oliansyah-H A Facri, dr Hj Ida Fitriati Basjuni-Armansah (IDAMAN), Alfian-M Fadli, Hermanto-Musabaqo, Gunawan-Febrianto dan Novirzah-H Suharindi,” kata dia.

Ditambahkannya, kemudian ‎sesuai surat pernyataan, ASN dan anggota dewan, ditunggu proses pemberhentian maksimal lima hari setelah ditetapkan. ‎Kemudian, pada Minggu 18 Februari 2018 akan dilaksanakan kampanye pilkada damai yang ditandatangani semua calon.

Sementara itu, pasangan calon dr Hj Ida Fitriati Basjuni-Armansah (IDAMAN) mengatakan, pihaknya sangat bersyukur dengan penetapan ini. Dengan begitu, kedepan pihaknya akan fokus untuk bisa menang pada Pilkada Juni 2018 nanti.

“Alhamdulillah kita sudah ditetapkan sebagai calon tetap‎. Mari merapatkan barisan agar bisa menang dan melanjutkan pembangunan kedepan,” tukasnya. (Van)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen + six =