Pilkada Papua: KPU Puji OTT Anggota PPD Miru

      Jayapura, jurnalsumatra.com – Anggota KPU Papua Tarwinto memuji  tertangkap tangannya anggota panitia pemilihan daerah (PPD) Mimika Baru (Miru) yang dilakukan Tim Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) dalam operasi tangkap tangan atau OTT penangkapan pada Sabtu (7/7).
“Saya pribadi sangat memuji hasil kerja tim gakkumdu di Timika karena berhasil menangkap tangan anggota PPD(YW) di rumah salah satu warga beserta dokumen,” kata Tarwinto kepada Antara dari Wamena, Minggu.
Tarwinto mengatakan dengan tertangkap tangannya anggota PPD maka kepada yang bersangkutan bisa dikenakan pasal berlapis yakni pidana pemilu maupun pidana umum.
Proses hukum kepada anggota PPD bisa menjadi pembelajaran bagi proses demokrasi ke depan, apalagi yang dilakukan adalah memalsukan data atau mengalihkan suar rakyat.

Jangan menganggap menghilangkan satu suara tidak berarti apa-apa karena masyarakat sudah meninggalkan aktifitasnya untuk datang ke tempat pemungutan suara (TPS) untuk memilih pimpinannya.
Dengan melakukan pengalihan suara untuk kepentingan pasangan lain maka selaku penyelenggara tidak menghargai pilihan masyarakat sehingga proses hukum perlu dilakukan, kata Tarwinto yang mengaku saat ini sedang berada di Wamena untuk melakukan supervisi.
Tarwinto yang terpilih kembali sebagai anggota KPU Papua ketika ditanya apakan calon bupati yang diamankan saat penangkapan YW nantinya dinyatakan tidak memenuhi syarat ataukah TMS  atau digugurkan mengatakan, proses pilkada bupati tetap berjalan sesuai jadwal.
Namun bila nantinya yang bersangkutan ditetapkan sebagai tersangka maka tidak dapat dilantik, kata Tarwinto melalui telepon selularnya.
Tim Gakkumdu, sempat mengamankan HM, salah satu calon bupati dan uang tunai sebesar Rp 101 juta.(anjas)

Leave a Reply