Pimpin Lahat, HBZ Pastikan Semua Desa Taat Hukum

LAHAT JURNAL SUMATRA— Selain konsep Menata Kota dan Membangun Desa, pasangan calon (Paslon) nomor urut 4 ini, juga memastikan apabila terpilih menjadi Bupati dan wakil Bupati priode 2018-2023 mendatang, dalam Pilkada pada 27 Juni nanti. H Bursah Zarnubi SE – Farhan Berza MM MBA, memastikan Kades se-Kabupaten Lahat, harus taat hukum.

Calon Bupati H Bursah Zarnubi SE saat dibincangiwartawan jurnalsumatra.com Minggu (4/3)kemarin menjelaskan, dirinya apabila terpilih nanti, bukan hanya terfokus pada pembangunan infrastrktur, pertanian, industri, pariwisata saja tetapi juga pada pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Masyarakat harus dibekali juga dengan Pengetahuan hukum, karena itu sangat di perlukan mewujudkan desa desa sadar hukum” ungkap mantan anggota DPR RI era 2004 lalu.

Secara jelas, dikatakan HBZ,  kalau memang diberikan amanah memimpin Kabupaten Lahat, maka dirinya berjanji akan mewujudkan Desa Sadar Hukum,

“Setidaknya, dengan melakukan pembinaan pembinaan Keluarga Keluarga Sadar Hukum, kalau setiap individu dalam keluarga tahu hukum Insha Allah akan terwujud Desa Sadar Hukum, ” ucapnya.

HBZ mengatakan, memang untuk saat ini hanya baru 48 Desa sadar hukum, dari 360 Desa se-Kabupaten Lahat. “Insyaallah, apabila kami terpilih nanti semua desa yang ada di Kabupaten Lahat, saya pastikan akan sadar dengan hukum. Semua itu harus adil dan masyarakat punya hak untuk pengetahuan itu, ” pungkasnya. Seraya menambahkan, kalau tahu hukum, minimal tidak akan melakukan kejahatan atau pelanggaran dan juga dapat mencegah perbuatan jahat.

Bukan itu saja, menurutnya, jika dirinya duduk di Pemerintahan nanti, masyarakat pun boleh kritik dan memberikan saran sesuai dengan mekanisme hukum yang berlaku. “Silakan yang mau demo, tapi jangan sampai anarkis. Berbagai kritik saya siap terima,  saran boleh tapi sesuai dengan mekanisme hukum yang berlaku. Intinya akan saya tampung semuanya, ” janji HBZ lagi.

Menanggapi pernyataan Bursah Zarnubi tersebut, Suhardi SH aktivis Lembaga Bantuan Hukum Lahat, mengatakan “setiap Pemerintahan Daerah harus mewujudkan Desa Sadar Hukum dan disetiap desa berdasarkan aturan turunan dari UU Desa juga harus di sediakan Penasehat Hukum atau Paralegal”

“Kita optimis bahwa Pak Bursah Zarnubi bisa mewujudkan Desa Sadar Hukum, selain menjalan amanat Undang Undang, HBZ juga memiliki kemampuan untuk memanajemen hal tersebut, ” kata Suhardi.  pungkas Suhardi SH. (Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × four =