PKB Tuan Rumah Pertemuan Pemimpin Parpol Sedunia

Jakarta, jurnalsumatra.com – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menjadi tuan rumah pertemuan pemimpin partai politik (Parpol) dari seluruh dunia yang tergabung dalam Centrist Democrat International (CDI) di Yogyakarta pada 23-25 Januari.

  Pertemuan bertajuk Forum Eurasia CDI itu juga akan diikuti tokoh agama, akademisi, dan pembuat kebijakan dari berbagai budaya dan agama di dunia.

  Forum itu akan membahas peluang dan tantangan yang muncul dari bergulirnya proses pembentukan tata dunia baru yang kemungkinan akan menjadikan Eurasia –perpaduan Eropa dan Asia– menjadi satu “benua super” sebagai titik-tumpunya, demikian dikutip dari siaran pers di Jakarta, Rabu.

  Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar menilai Forum Eurasia merupakan kesempatan yang belum pernah terjadi sebelumnya bagi para pemimpin dunia untuk membentuk aliansi abad XXI.

  Berdasarkan nilai-nilai kemanusiaan dan universal yang dimiliki bersama yang mendasari tradisi agama dan budaya masing-masing, kata Muhaimin, aliansi semacam itu dapat membantu memastikan bahwa ketika pusat gravitasi ekonomi dunia bergeser menuju Eurasia, kompetisi geopolitik yang menyertai transisi ini dapat dinavigasi dengan lebih damai.

  “Tidak berakhir dengan bencana,” ujar Muhaimin saat menyambut kedatangan para pemimpin partai politik dari seluruh dunia.

  Sementara itu, Katib Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama KH Yahya Cholil Staquf sebagai salah satu pendiri gerakan Humanitarian Islam Global dan Duta PKB kepada CDI menilai bahwa Forum Eurasia CDI menandai potensi perkembangan geopolitik yang sangat penting.

  Ia mengatakan banyak pemimpin global yang akan berkumpul di Yogyakarta telah mulai mengartikulasikan dan mengadopsi elemen-elemen kunci dari agenda kemanusiaan bersama yang berakar pada nilai-nilai universal, serta prinsip-prinsip spiritual dan filosofis yang diperoleh dari tradisi Yahudi, Kristen, dan Islam.

  “Forum Eurasia CDI akan menyediakan tempat yang unik bagi para pemimpin dunia untuk memperkuat aliansi peradaban yang baru lahir ini,” tuturnya.

  PKB merupakan satu-satunya partai di Indonesia yang tergabung dalam CDI, organisasi yang mewadahi partai-partai berhaluan tengah dari seluruh dunia.

  Tercatat ada 151 partai bergabung ke dalam CDI. Di Eropa, partai-partai anggota CDI berhasil memimpin politik di berbagai negara, di antaranya Jerman, Austria, dan Belgia.(anjas)