PKK-Dinkes Gowa Periksa Kesehatan THT Murid SD

     Gowa, jurnalsumatra.com – Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa menggandeng Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan Gowa melaksanakan kegiatan pemeriksaan kesehatan telinga, hidung dan tenggorokan (THT) para murid Sekolah Dasar (SD) Negeri Lambengi, Desa Bontoala, Kecamatan Pallangga.
“Ini adalah salah satu bentuk kepedulian kami terhadap generasi penerus bangsa ini dan kita ingin memastikan semuanya berjalan sesuai dengan harapan,” ujar Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Gowa, Musaddiyah Rauf di Gowa, Rabu.
Dalam kegiatan itu, para dokter spesialis THT memberikan penjelasan awal kepada para murid-murid agar senantiasa menjaga kebersihan dari telinga, hidung dan tenggorokannya.
Pada saat pemeriksaan itu juga, paramedis ini memberikan selingan dan memberikan penjelasan dasar yang mudah dimengerti anak-anak agar para siswa tidak takut saat akan diperiksa.
“Kita mengharapkan anak-anak kita semua itu tumbuh, berkembang, sehat dan cerdas. Kita ingin memperhatikan itu semua, karena kalau hanya intelegensinya saja yang diperhatikan tanpa kesehatannya, pastinya akan tetap kurang lengkap,” katanya.

     Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Gowa, Hasanuddin menjelaskan, telinga, hidung dan tenggorokan berperan dalam aktivitas terpenting di kehidupan setiap manusia.
Telinga sebagai panca indera berfungsi sebagai alat pendengar juga sebagai pembantu keseimbangan tubuh, oleh sebab itu merawat telinga sangat penting.
“Namun kebanyakan dari kita terutama anak-anak kurang memperhatikan hal ini. Akibatnya gangguan-gangguan pada telinga pun sering terjadi,” jelasnya.
Sehubungan hal itu, dan dalam rangka memperingati Hari Jadi Gowa ke-697, Pemerintah Kabupaten Gowa bersama PKK membuat kegiatan screaning THT untuk Sekolah Dasar..
Wakil TP PKK Musddiyah menambahkan, kegiatan pemeriksaan THT harus rutin dilaksanakan, bukan hanya untuk anak-anak tetapi semua masyarakat harus tahu betapa pentingnya kesehatan THT.
“Pesan saya kepada anak-anakku jangan takut untuk diperiksa karena pemeriksaan ini tidak sakit, agar nantinya anak-anak tumbuh menjadi anak yang sehat dan pintar,” ucapnya.(anjas)

Leave a Reply