PKK Kecamatan Benda Juara 2 Lomba Menu Bergizi Konsep “Lunch Box”

Tangerang, jurnalsumatra.com – PKK Kota Tangerang kembali meraih prestasi dalam Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (LCM B2SA) Tingkat Provinsi Banten yang diwakili PKK Kecamatan Benda.

  PKK Kecamatan Benda berhasil menduduki juara 2 dengan menyajikan menu nasi bakar ketela, gurame acar sayur kuning, tahu gulung dengan konsep lunchbox.

  Ketua TP PKK Kota Tangerang, Aini Suci Wismansyah di Tangerang Sabtu menuturkan, LCM B2SA 2019 ini mengusung konsep lunch box.

  Kota Tangerang menyajikan menu non beras, non terigu dengan bahan baku berbasis sumber daya lokal. Sebagai sumber karbohidrat pengganti beras dengan bahan baku ketela atau singkong.

  “Dalam lomba ini, bagaimana Kota Tangerang menunjukkan keunggulan bahan bakunya dalam satu sajian makanan yang lengkap. Yaitu, bergizi seimbang dan aman. Terpenting, memasyarakatkan pangan lokal pengganti beras dan terigu,” jelas Aini.

  Tak sekadar lomba, menu sehat yang dilombakan, ke depannya akan diproduksi menjadi produk yang akan dipasarkan di Kecamatan Benda.

  Kata Aini, harga jual menu sehat bergizi nasi bakar ketela, gurame acar sayur kuning, tahu gulung dibandrol dengan harga jual Rp21 ribu per porsinya.

  “Outputnya akan lebih aplikatif, Kecamatan Benda bisa memproduksi ini untuk berbagai acara baik di kecamatan, kelurahan atau acara kedinasan yang terselenggara di Kecamatan Benda. Ibu-ibu PKK pun akan lebih produktif jika produk ini sudah di produksi jangka panjang,” katanya.(anjas)