PKS Muba Kritisi Surat Edaran BKSDM Muba

Sekayu, Sumsel, jurnalsumatra.com – Sekertaris DPD PKS Kabuapten Muba Musheni  mengkritisi atas adanya surat  edaran dari  Nomor 800/ 617/BKSDM Tahun 2018 terkait pencalonan legislatif 2019 yang menyebutkan bagi caleg yang berstatus ASN, TKS, GTT atau tenaga kontrak, Kades, pemdes perangkat desa dan pegawai pemerintah lainya yang anggaranya bersumber dari keuangan negara atau daerah harus mengundurkan diri dan tidak dapat ditarik kembali.

“Menurut saya edaran untuk pengajuan pengunduran diri yang tertuang dalam edaran tersebut tidak selaras dengan kondisi para menteri yang juga calon legislatif, tetapi tidak mundur.Padahal Gaji Mentri juga bersumber dari APBN ini namanya tidak adil” kata Musheni sekretaris DPD PKS Muba, Ahad (22 /7/2018)

Menurutnya sebaiknya pemerintah daerah perlu konfirmasi  terlebih dahulu ke pemerintah pusat tentang spesifikasi pegawai yang wajib mundur dengan yang tidak.

“Menurut hemat saya,  honorer  diberikan kesempatan untuk calon tanpa harus ajukan mundur,  saya pikir melihat ajang Pileg 2019 mendatang ini merupakan  sarana mobilitas vertikal yang bisa dimanfaatkan.  Akan tetapi,  juga kurang sehat bila honorer  yang calon langsung di ceklis dan diminta mundur.” Tegasnya.

Lanjut politisi ini mengatakan, pihaknya mengimbau agar BKSDM Muba  perlu berkoordinasi dengan komisi yang membidangi hal tersebut di DPRD Muba yang juga notabane perpanjangan tangan partai. Sehingga tidak terjadi kesalahan paham dalam pelaksanaannya.

“Kita hanya meminta keadilan, Mentri Juga gajinya dari uang negara harusnya mundur juga.Kami Juga meminta pihak penyeleggara pemilu agar peraturan yang dibuat harus mempunyai asas keadilan”tukasnya.

Sebelumnya KPU RI telah mengeluarkan PKPU nomor 20 tahun 2018 tentang pencalonan legislatif perihal aturan dan tahapan serta  syarat  bakal Pencalonan anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota. (din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × one =