Plaza Beringin Buntok Ditetapkan Pasar Tertib Ukur

     Buntok, Kalteng, jurnalsumatra.com – Plaza, dan pasar Sayur dan Ikan Beringin Buntok, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah ditetapkan menjadi pasar tertib ukur pada 2017 ini.
“Hal tersebut ditetapkan Kementrian Perdagangan Republik Indonesia,” kata Asisten I Setda, Suhardi saat membacakan sambutan Bupati pada sosialisasi Kemetrologian tentang tertib ukur, takar, timbang dan perlengkapan bagi pelaku usaha, di Buntok, Kamis.
Untuk itu lanjut dia, pedagang yang ada di Plaza dan pasar Sayur dan Ikan (SAIK) Beringin Buntok yang menggunakan alat timbangan wajib dilakukan tera ulang dalam setiap tahunnya.
“Karena alat ukur, takar, dan timbangan serta perlengkapannya itu merupakan peranan sangat penting, dan kebutuhan fundamental bagi pemerintah, pedagang, pengusaha, konsumen serta masyarakat,” ucapnya.
Oleh karena itu, dalam rangka meningkatkan pemahaman terhadap penggunaan alat ukur, takar, dan timbang serta perlengkapan yang digunakan pelaku usaha, maka Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UMKM Barsel melaksanakan sosialisasi terkait hal itu.
“Untuk narasumber dalam kegiatan sosialisasi ini dari Balai Standardisasi Metrologi Legal Regional III Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel),” tambah Suhardi yang membacakan sambutan Bupati Barsel, Eddy Raya Samsuri.
Menurut dia, kegiatan sosialisasi ini sangat penting dilaksanakan agar pelaku usaha lebih memahami mengenai alat ukur tersebut dalam kegiatan transaksi jual beli barang dagangannya kepada konsumen.
Sementara kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Barsel, Dekma mengatakan kegiatan sosialisasi ini diikuti sebanyak 30 orang pedagang pada Plaza dan pasar Saik Beringin Buntok.
“Salah satu tujuan dari kegiatan untuk mewujudkan tertib ukur dalam rangka memberikan kepercayaan kepada konsumen melalui kebenaran hasil pengukuran,” kata  dia.
Dengan demikian, maka akan meningkatkan tertib niaga, serta perlindungan konsumen, dan produsen terhadap serah terima barang menggunakan alat ukur, takar, dan timbangan serta pelengkapannya. (anjas)

Leave a Reply