PLN Buat Command Center dan ListriQu

Yogyakarta, jurnalsumatra.com – Sampai saat ini, PLN terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Salah satunya adalah dengan membuat Command Center PLN di Yogyakarta.

Direktur Bisnis Regional Jawa Madura Bali, Haryanto WS, menjelaskan, hal ini adalah salah satu langkah lebih maju dari PLN di dalam melayani masyarakat dengan berbasis teknologi informasi.

Haryanto menambahkan, Command Center PLN ini merupakan bagian dari proses transformasi PLN dalam rangka meningkatkan kepuasan pelanggan.

Menurutnya, Command Center PLN ini adalah pusat komando yang memerintahkan petugas pelayanan teknik terdekat dengan lokasi gangguan untuk menindaklanjuti pengaduan pelanggan.

Hadirnya Command Center ini, diharapkan akan mempercepat penanganan gangguan atau keluhan pelanggan. “Karena pemberian penugasan berdasarkan pantauan realtime posisi petugas di aplikasi map display,” terangnya.

Selain mempercepat response time, keunggulan dari Command Center ini adalah memudahkan kendaraan layanan teknik bergerak bebas dalam melayani pelanggan dengan jangkauan area yang lebih luas, tanpa sekat (borderless) serta efisiensi jumlah operator.

Saat ini Command Center ada di Kota Yogyakarta yang mencakup wilayah kerja PLN UP3 Yogyakarta, Magelang, Klaten, Surakarta, dan Sukoharjo. Nantinya juga akan disusul Command Center di Semarang dan Purwokerto.

“Sehingga seluruh wilayah di Indonesia umumnya, Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta khususnya akan tercover,” papar Haryanto, Rabu (24/6/2020).

Selain didirikannya Command Center Yogyakarta, juga ada Auto Dispatch serta pembuatan aplikasi ListriQu dari anak perusahaan PLN: Haleyora Power.

ListriQu merupakan aplikasi layanan perbaikan Instalasi Milik Pelanggan (IML) berbasis mobile. Aplikasi ini berfungsi sebagai media penghubung antara pelanggan dengan teknisi yang berkompeten dan bersertifikat untuk melakukan perbaikan terkait keluhan instalasi rumah milik pelanggan. (Affan)