Plt Bupati Muba Jawab Pandangan Fraksi

Muba, Sumsel, jurnalsumatra.com – Dalam rangka menindak-lanjuti pandangan fraksi atas LKPJ Bupati Tahun 2017, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kembali menggelar rapat paripurna masa persidangan I rapat ke VII di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kab. Muba Rabu (21/02/2018), yang dipimpin oleh Wakil Ketua Edy Haryanto, SH didampingi para wakil Jon Kenedi, S.IP, Msi., dan Sugondo.

Dalam pidatonya Plt. Bupati mengucapkan terima kasih pada DPRD Kab. Muba atas beberapa saran serta masukan terhadap LKPJ Bupati Muba TA 2017.

Menjawab usul dan saran dari Fraksi PAN permasalahan harga kelapa sawit dan karet sebagai komoditi masyarakat, Plt. Bupati menjelaskan bahwa sejak tahun 2015 Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin telah melakukan pembentukan unit pengelola dan pemasaran bongkar di beberapa desa melalui UPPB, dengan melakukan pelelangan karet dan sudah terjadi perbaikan harga karet dari harga sebelumnya.

Sedangkan UPPB di Musi Banyuasin baru ada 40 kelompok, secara bertahap akan ditambahkan disetiap desa dalam Kabupaten Musi Banyuasin. “Untuk mengatasi rendahnya harga tandan buah kelapa sawit di tingkat petani swadaya,¬† Pemkab. Muba terus melaksanakan pembinaan kemitraan antara petani kelapa sawit swadaya dengan pabrik pengelola”, ungkapnya.

Jawaban masukan dari Fraksi PDIP perihal menciptakan kesempatan lowongan kerja guna mengurangi tingkat pengangguran, Beni mengatakan pada tahun 2017 Pemkab. Muba telah melakukan langkah berupa wirausaha tenaga kerja muda dengan pola pendampingan sebanyak 40 orang di Desa Rimba Ukur Kecamatan Sekayu dan Desa Warga Mulya Kecamatan Plakat Tinggi. Kegiatan tersebut akan diupayakan juga pada tahun-tahun berikutnya.

Sedangkan untuk  Fraksi Golkar, Pemerintah mengucapkan terimakasih atas apresiasi terhadap upaya dan konsisten dalam memenuhi kebutuhan listrik sehingga pasokan listrik sudah mulai membaik.

Mengenai tentang derajat kesehatan dari Fraksi Gerindra, Pemerintah ke depan akan mengoptimalkan penyediaan sarana dan prasarana terutama untuk pelayanan kesehatan masyarakat.

Adapun usulan dari Fraksi Nasdem terkait penekanan peredaran narkoba di Muba, Pemkab. Muba telah berupaya melakukan kegiatan patroli di setiap kecamatan dan razia di tempat-tempat hiburan malam bersama Polri dan TNI, ungkap Beni. (ADV. Nurdin/Rafik Elyas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 + 9 =