PLT Gubernur Aceh Resmikan Masjid Berkonstruksi Bambu Di Lombok

Aceh Besar,jurnalsumatra.com – Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah meresmikan Masjid An-Nur Aceh yang merupakan bantuan masyarakat Aceh untuk korban gempa di Desa Gondang, Kecamatan Gangga, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

“Masyarakat Aceh pernah mengalami bencana maha dahsyat, ketika bencana terjadi di Lombok, masyarakat Aceh terketuk pintu hatinya untuk membantu sesama” katanya di Lombok, Minggu.

Pernyataan itu disampaikannya dalam siaran pers diterima Antara di Banda Aceh saat peresmian masjid berkonstruksi bambu bantuan dari masyarakat di provinsi ujung paling barat Indonesia itu yang pembangunannya melibatkan tim arsitektur dari ITB, Bandung.

Nova menjelaskan, lima hari setelah bencana terjadi, Pemerintah Aceh mengirim tim untuk menjalankan misi sosial di wilayah tersebut dan dari hasil kajian yang dilakukan muncul gagasan agar dana yang dikumpulkan masyarakat Aceh itu dialokasikan untuk membangun salah satu masjid yang rusak akibat bencana.

“Kami menganggap pembangunan masjid sangat penting, karena tidak hanya sebagai tempat menunaikan shalat, tapi juga sebagai pusat pendidikan dan kegiatan sosial. Dengan adanya masjid, tentunya masyarakat lebih mudah menjalankan ibadah secara berjamaah, sehingga semangat kebersamaan menjadi lebih kuat dan mengembangkan kegiatan yang mengarah pada terwujudnya masyarakat madani untuk saling bahu-membahu membangun kesejahteraan umat,” katanya.

Ia mengatakan setelah berdiskusi dengan Pemerintah Lombok, Pemerintah Aceh sepakat membangun kembali Masjid An-Nur yang sekarang dinamai Masjid An-Nur Aceh.

“Alhamdulillah seperti yang kita lihat bersama, masjid ini dibangun dengan bangunan cukup unik dan artistik” katanya.

Nova berharap masyarakat setempat dapat memanfaatkan masjid yang telah dibangun ini untuk malaksanakan shalat tarawih pada bulan ramadhan nanti.

Bupati Kabupaten Lombok Utara, Najmum Akhyar menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada masayarakat dan Pemeritntah Aceh yang telah membantu membangun Masjid An-Nur Aceh tersebut.

Pemerintah Kabupaten Lombok Utara juga akan membangun monumen persaudaraan antara Aceh dan Kabupaten Lombok Utara di lokasi sekitar masjid tersebut.

“Apa pun yang bisa menjadi kenangan pada saat gempa itu tolong dikumpulkan sehingga akan menjadi kenangan dan pelajaran bagi kita semua dan akan dipamerkan disekitar masjid ini, sehingga masjid ini bisa menjadi ikon di Lombok Utara,” katanya.(anjas)