PMD Selenggarakan kegiatan Bursa Inovasi Desa


Muba, jurnalsumatra.com – Tim inovasi kabupaten bekerjasama dengan tim pelaksana Inovasi desa (TPID) menyelenggarakan kegiatan Bursa Inovasi Desa dengan dikuti para kepala desa, BPD dan tokoh masyarakat dari tiga kecamatan, masing-masing Kecamatan Plakat Tinggi, Sungai Keruh dan Kecamatan Jirak Jaya Kabupaten Musi Banyuasin (Muba).

Acara yang disertai dengan pemutaran Video tersebut dibuka oleh kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Muba H Richard Chahyadi AP, Msi diwakili Kepala Bidang Pemerintahan Desa Taisir Gunawan berlansung digedung serbaguna desa Sido Mukti, Kecamatan Plakat Tinggi, Selasa (23/7/2019).

Sementara Bursa Inovasi Desa itu, merupakan salah satu ajang promosi yang meliputi berbagai inovasi di bidang Infrastruktur, Kewirausahaan dan Sumber Daya manusia.

Dalam sambutan ketua pelaksananya mengucapkan terimakasih kepada tamu dan undangan yang telah mengikuti acara tersebut.

“Pertama-tama saya ucapkan terimakasih, bapak/ibu sekalian kegiatan Bursa Inovasi Desa ini dikemas dari tiga kecamatan, meliputi kecamatan Plakat Tinggi, Sungai keruh dan Kecamatan Jirak Jaya dengan dikuti 111 orang peserta yang terdiri dari kepala desa, BPD juga satu orang perwakilan masyarakat dari masing-masing desa. “Ujarnya.

Sementara itu, kepala Dinas PMD Muba H Rochard Chahyadi, AP, Msi melakui kepala bidang Pemerintahan Desa Taisir Gunawan mengatakan, bahwa kepala Desa sebagai ujung tombak pemerintahan harus selalu berinovasi dan berkreasi untuk selalu memanfaatkan dana desa sebagai momentum awal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan pendapatan asli desa melalu lembaga ekonomi makro pedesaan salah satunya adalah Badan Usaha Mili Desa (BUM Des). 

“Kedepannya pemerintahan desa harus  bisa dan mampu menggali potensi desa guna mewujudkan “desa Mandiri”, sehingga nantinya tidak selalu bergatung dengan dana desa maupun subsidi bantuan lainnya dari pemerintah.

Saya harap kegiatan bursa inovasi desa ini dapat dijadikan sebagai ajang sharing, bertukar pengalaman, dan konsilidasi antara kita semua bagaimana memanfaatkan dana desa (DD) yang ada disetiap desa oleh pelaku program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa (P3MD) dalam mensukseskan pelaksanaan dana desa.”Harapnya.

Dijelaskannya, bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk kita semua saling sharing  dan tukar pengalaman, bahkan jika perlu harus ada success strory-nya tidak hanya pada ceritanya saja, tetapi juga harus dibarengi dengan angka-angka keberhasilannya.

“Program inovasi desa yang diselenggarakan disetiap kabupaten diseluruh indonesia ini, bukan hanya seremonial saja, namun sebagai penambah pengetahuan dan wawasan bagi seluruh kepala desa, perangkat desa, ketua BPD dengan siklus kegiatan berupa bursa inovasi desa.

Kepala desa harus berani berinovasi bagaimana caranya untuk merubah desanya yang tadinya tidak memiliki apa-apa menjadi desa yang besar dan kaya, agar seluruh masyarakat desanya sejahtera sesuai dengan harapan kita semua.”Jelas dia. (Rafik elyas)