PMI Kerahkan Personel Dan Peralatan Bantu Korban Banjir Sigi

Sigi, Sulteng, jurnalsumatra.com – Palang Merah Indonesia (PMI) mengerahkan personel dan sejumlah peralatan untuk diterjunkan ke lokasi bencana banjir yang terjadi di Desa Bolapapu, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah pada Kamis, (12/12).

  “Kami mengerahkan delapan personel pada proses penanggulangan bencana di Kecamatan Kulawi tersebut. Untuk menuju ke lokasi menggunakan mobil double cabin dan motor trail untuk mempermudah menembus daerah yang terdampak banjir,” kata Ketua PMI Kabupaten Sigi Agus Lamakarate melalui sambungan telepon, Kamis.

  Sebelum berangkat ke lokasi bencana, personel yang diterjunkan melakukan briefing singkat agar mereka mengetahui tugas masing-masing saat memberikan pertolongan kepada korban.

  Setiap personel pun dilengkapi peralatan seperti sekop, cangkul dan lampu senter mengingat kondisi di lokasi bencana lumpur cukup tebal dan minim penerangan. Selain itu, seluruh relawan pun agar berkoordinasi dengan Pemkab Sigi khususnya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat untuk ikut mengambil data di lapangan.

  Menurutnya, personel yang dilibatkan harus waspada dan berhati-hati antisipasi adanya bencana susulan dan selalu berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Selain itu, beberapa personel pun tengah melakukan assesment untuk menghimpun data baik jumlah maupun kebutuhan yang dibutuhkan korban.

  Hingga saat ini, personel dari lembaga kemanusiaan ini masih melakukan penyisiran ke sejumlah permukiman masyarakat antisipasi adanya warga yang terjebak di dalam rumahnya akibat banjir itu.

  “Personel yang di lokasi pun dikerahkan untuk membantu proses evakuasi dan informasinya warga yang terdampak bencana banjir sudah mulai mengungsi ke sejumlah tempat,” tambahnya.

  Informasi yang dihimpun, akibat bencana banjir dua warga meninggal dunia dan warga yang berada di tiga dusun di Desa Bolapapu mengungsi ke sejumlah lokasi seperti ke hunian sementara (huntara) di daerah lapangan Dusun Tiga dan di SD BK Bolapapu.(anjas)