Pohon Merica Tumbuh Subur Dibumi Serasan Sekate

Muba, sumsel, jurnalsumatra.com – Di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) rupahnya tidak hanya tanaman jenis padi, jagung, karet dan pohon kelapa sawit saja yang tumbuh dengan subur.

Menanam merica juga dapat tumbuh dengan subur bahkan jika bertani merica dianjurkan, bukan tidak mungkin masyarakat Muba mendapat pekerjaan baru yang dinilai cukup menjanjikan.

Berdasarkan keterangan saat Jurnal Sumatra.com berkunjung ke- ladang merica milik Indra (60) warga desa Rimba Ukur Kecamatan Sekayu Senin (12/2/2018). Dinilai tumbuh merica di Bumi Serasan Sekate lebih subur ketimbang didaerah kepulauan Bangka Belitung yang terkenal dengan petani merica itu.

Hal inilah memutuskan Indra yang selama ini bertahun-tahun merantau atau bertani merica di kepulauan Bangka, untuk pulang kampung dan membuka lahan seluas satu setengah hektar lalu ditanam merica sebanyak 5.500 rumpun.

“inilah keadaan pohon merica didaerah kita. Meski baru berumur dua tahun, ketinggian nya tak dapat lagi digapai bahkan sudah berbuah. Sebenarnya didaerah Bangka terkenal dengan petani merica itu, karena disana itu tanaman ini sudah mentradisi secara turun-temurun. Tapi kalau kwalitas tanah saya nilai lebih bagus disini.

Sebab kalau disana itu petani cukup banyak membutuhkan biaya. Karena dalam satu rumpun Merica membutuhkan 1 kilogram pupuk. Sedangkan disini cukup dengan satu atau dua  on pupuk pohon merica tumbuh subur.”Kata Indra saat dibincangi wartawan Jurnal Sumatra.com kemarin.

Menurut Indra atau salah satu warga Muba yang menekuni tani merica ini, kurangnya minat masyarakat untuk bertani merica terkendala dengan masalah pemasaran.

”Masyarakat itu banyak yang belum tau cara bercocok tanam termasuk pengelolaan buah merica. Disamping itu mereka bingung mau dijual kemana. Disini kita berharap Pemkab Muba terutama Dinas Pertanian untuk berkunjung ke sini guna mengetahui kondisi tumbuh merica didaerah kita. Bagaimana agar merica ini menjadi tren investasi bagi masyarakat. Apa disediakan penampungan atau pemasaran buah merica.”Harap dia. (Rafik Elyas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen + 17 =