Polairud Merauke Sosialiasi Tupoksi Kepada Pramuka Saka Bhayangkara

Jayapura, jurnalsumatra.com – Satuan Polairud Polres Merauke memberikan sosialiasi terkait tugas pokok dan fungsinya kepada 140 anggota Pramuka Saka Bhayangkara di halaman markas Polsek Kurik, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua, Senin.

  Sosialisasi itu dipimpin oleh Kanit Gakkum Aipda Moses Masriat didampingi sejumlah personelnya.

  “Tugas pokok Polairud yakni meliputi patroli perairan, pembinaan masyarakat pantai, penegakaan hukum dan pertolongan dan penyelamatan terhadap laka laut (SAR),” kata Moses.

  Tentunya, kata dia, tugas pokok Polairud tetap berpegang teguh kepada Tribrata dan Catur Prasetya yang dalam pelaksanaannya mengutamakan Senyum, Sapa dan Salam.

  Pada momentum itu, Moses juga mengingatkan kepada anggota Pramuka Saka Bhayangkara untuk lebih cermat dan teliti ketika hendak melaut.

  “Kepada adik-adik apabila mungkin bepergian ke laut untuk memancing atau lainnya, harus betul-betul perhatikan soal keselamatan di laut,” katanya.

  Ia menjelaskan bahwa para anggota Pramuka harus melngkapi diri dengan rompi pelampung dan selalu memperbarui perkiraan cuaca maupun perkiraan tinggi gelombang laut.

  “Jika ada peringatan dari BMKG untuk tidak boleh melaut, kita harus mengikutinya, karena semua itu untuk keselamatan diri kita sendiri,” katanya.(anjas)